Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Disemprit Kanada, Rusia Luncurkan Serangan Balik dengan Masukkan 200 Nama ke Daftar Hitam

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 10 Desember 2022, 08:03 WIB
Disemprit Kanada, Rusia Luncurkan Serangan Balik dengan Masukkan 200 Nama ke Daftar Hitam
Rusia mengumumkan sebanyak 200 tokoh terkemuka Kanada masuk dalam daftar hitam negara itu, pada Jumat (9/12). Dalam pernyataannya, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, tokoh-tokoh itu dilarang masuk ke Rusia.

Pengumuman itu datang tak lama setelah Kanada meluncurkan sanksi terhadap 33 warga Rusia.   

"Menanggapi sanksi pribadi yang diberlakukan oleh Ottawa, maka kami menolak masuk 200 warga negara Kanada, sebagai dasar timbal balik," kata Kementerian dalam situs resminya, seperti dikutip dari Reuters.

Mereka yang dilarang menginjak Rusia antara lain, Menteri Kesehatan federal Jean-Yves Duclos dan Premier British Columbia David Eby, bersama dengan mantan menteri kabinet Jody-Wilson Raybould, Jane Philpott, Catherine McKenna, Navdeep Bains dan Tony Clement.

Secara total, daftar warga negara Kanada yang secara permanen dilarang masuk ke Federasi Rusia hingga saat ini mencakup 1.204 nama.

Sebelumnya, Kementerian telah memanggil duta besar Kanada untuk Moskow terkait hal ini.
Kanada menjatuhkan sanksi terhadap 33 pejabat senior atau mantan pejabat Rusia dan enam entitas yang terlibat dalam dugaan "pelanggaran hak asasi manusia sistematis" terhadap warga sipil yang memprotes invasi Rusia ke Ukraina. 
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA