Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gedung Putih: India Tak Akan Jadi Sekutu AS, Tapi Tumbuh Sebagai Kekuatan Besar Lain

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 11 Desember 2022, 07:07 WIB
Gedung Putih: India Tak Akan Jadi Sekutu AS, Tapi Tumbuh Sebagai Kekuatan Besar Lain
Koordinator Asia Gedung Putih, Kurt Campbell/Net
rmol news logo India memiliki karakter strategis yang unik. Dengan hal ini, India tidak akan menjadi sekutu Amerika Serikat (AS), alih-alih ia akan tumbuh sebagai kekuatan besar lain.

Begitu yang dikatakan oleh Koordinator Asia Gedung Putih, Kurt Campbell di Forum Keamanan Aspen pada Kamis (8/12). Dalam pandangannya, India adalah hubungan bilateral terpenting bagi AS di abad ke-21.

"Faktanya adalah, saya tidak tahu hubungan bilateral apa pun yang diperdalam dan diperkuat lebih cepat daripada Amerika Serikat dan India selama 20 tahun terakhir," kata Campbell, seperti dikutip NDTV.

Untuk itu, ia melanjutkan, AS perlu menginvestasikan lebih banyak lagi kapasitasnya, dan membangun hubungan people-to-people, bekerja sama dalam teknologi dan masalah lainnya dengan India.  

"India memiliki karakter strategis yang unik. India tidak akan menjadi sekutu Amerika Serikat. India memiliki keinginan untuk menjadi negara yang mandiri dan kuat, dan akan menjadi kekuatan besar lainnya. Tapi saya pikir ada alasan untuk percaya bahwa penyelarasan strategis kita tumbuh di seluruh papan di hampir setiap arena," jelas Campbell.

Campbell juga menegaskan, hubungan India dan AS tidak hanya dibangun di atas kecemasan seputar China. Meski India, AS, dan beberapa kekuatan dunia lainnya telah membicarakan tentang perlunya memastikan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan berkembang di tengah meningkatnya manuver militer China di kawasan yang kaya sumber daya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA