Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertama dalam 30 Tahun, Gunung Berapi Lascar Chili Meletus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 11 Desember 2022, 12:52 WIB
Pertama dalam 30 Tahun, Gunung Berapi Lascar Chili Meletus
Letusan gunung berapi Lascar di Andes, Chili/Net
rmol news logo Gunung berapi Lascar di Andes, Chili bagian utara dilaporkan meletus untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir.

Pada Sabtu (10/12), letusan memicu gempa bumi kecil dan mengirimkan kepulan asap dan abu ribuan meter hingga 6.000 meter ke langit.

Layanan Geologi dan Pertambangan Nasional Chili melaporkan bahwa gunung berapi Lascar meletus pada pukul 12.36 siang waktu setempat, seperti dimuat The National.

Pihak berwenang menaikkan tingkat siaga menjadi kuning, menunjukkan peningkatan aktivitas gunung berapi, dan menetapkan batas larangan masuk 5 km di sekitar kawah.

Mereka juga menyiagakan lalu lintas udara ke bulu-bulu yang melayang.

Pihak berwenang tetap berhubungan dekat dengan para pejabat di Talabre, sebuah kota yang berjarak 30 km dari gunung berapi, jika diperlukan evakuasi. Tetapi tidak ada kerusakan properti yang dilaporkan.

Gunung berapi Lascar memiliki ketinggian 5.592m di atas permukaan laut, berjarak 70 km dari San Pedro de Atacama, pusat wisata populer yang menarik pengunjung untuk trekking, astronomi amatir, dan kunjungan ke Gurun Atacama, tempat terkering di Bumi.

Gunung ini meletus pada tahun 1993 tetapi juga menunjukkan aktivitas vulkanik yang lebih rendah pada tahun 2006 dan 2015.

Lebih jauh ke selatan, peringatan kuning tetap berlaku untuk wilayah di sekitar kompleks gunung berapi Nevados de Chillan dan gunung berapi Villarrica. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA