Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Protes di Depan Konjen China, Kutuk Pelanggaran HAM di Tibet dan Xinjiang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 11 Desember 2022, 13:48 WIB
Warga Protes di Depan Konjen China, Kutuk Pelanggaran HAM di Tibet dan Xinjiang
Aksi protes terhadap pelanggaran HAM di China/Net
rmol news logo Berbagai kelompok etnis, seperti Tibet dan Uighur, melakukan aksi protes di kota-kota di Pantai Barat Amerika Serikat (AS) sebagai bentuk solidaritas untuk saudara-saudara mereka yang mengalami pelanggaran hak asasi manusia (HAM) oleh China.

Protes diadakan pada Hari HAM yang jatuh pada Sabtu (10/12). Aksi dilakukan di Seattle, Washington, dan Portland, Oregon.Ini adalah pertama kalinya protes anti-China diadakan di Seattle dan Portland.

Bahkan di tengah cuaca buruk, termasuk hujan lebat dan angin kencang, puluhan orang tetap melakukan demonstrasi di depan Konsulat Jenderal China di San Francisco.

Mereka mengutuk pelanggaran HAM oleh pemerintah China. Beberapa pengunjuk rasa di berbagai kota terlihat memegang kertas kosong di tangan mereka untuk mendukung demonstrasi anti-kebijakan Zero Covid yang baru-baru ini diadakan di China.

Lembaran kertas kosong, yang dipegang oleh pengunjuk rasa China, telah menjadi simbol pemberontakan massal yang disaksikan terhadap kebijakan Zero Covid yang ketat di bawah pemerintahan Partai Komunis China dan Presiden Xi Jinping.

Kertas kosong menjadi metafora untuk postingan kritis, artikel berita, dan akun media sosial yang tak terhitung jumlahnya yang dihapus dari internet.

Sementara itu, pada Jumat (9/12), Departemen Keuangan AS telah mengumumkan sanksi terhadap dua pejabat China atas pelanggaran HAM yang serius di Daerah Otonomi Tibet (TAR). Keduanya adalah Wu Yingjie dan Zhang Hongbo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA