Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Larang Diplomat Rusia Ziarah ke Makam Tentara Uni Soviet di Alaska

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 11 Desember 2022, 15:56 WIB
AS Larang Diplomat Rusia Ziarah ke Makam Tentara Uni Soviet di Alaska
Pemakaman Nasional Fort Richardson di Alaska, Amerika Serikat/Net
rmol news logo Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah melarang diplomat Rusia untuk berziarah ke makam tentara Uni Soviet yang terletak di dekat pangkalan militer di Alaska.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kedutaan Besar Rusia di Washington lewat Telegram mengatakan sekelompok diplomat Rusia telah mengunjungi Pemakaman Nasional Fort Richardson untuk berziarah ke kuburan pilot dan pelaut Uni Soviet yang meninggal di Alaska pada perang 1942-1945 pada Jumat (9/12) dan Sabtu (10/12).

"Upaya untuk mendapatkan akses ke tugu peringatan melalui Departemen Luar Negeri tidak berhasil, catatan diplomatik kedutaan (Rusia) dalam hal ini diabaikan," kata seorang diplomat Rusia, Nadezhda Shumova, seperti dikutip kantor berita TASS pada Minggu (11/12).

Berdasarkan situs resmi pemakaman, dibutuhkan izin untuk mengakses pemakaman di instalasi Angkatan Darat AS Fort Ricardson. Namun sejauh ini pihak Departemen Luar Negeri AS belum memberikan komentar.

Sembilan pilot dan dua personel militer Uni Soviet lainnya dimakamkan di pemakaman tersebut. Mereka tewas saat menerbangkan pesawat dari Amerika Serikat ke Uni Soviet sebagai bagian dari program Lend-Lease Perang Dunia Kedua.

Lend-Lease adalah upaya, yang dimulai sebelum Amerika Serikat bergabung dalam perang, untuk memasok sekutu dengan material yang dianggap penting untuk pertahanan Amerika Serikat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA