Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketegangan Memuncak di Kosovo, Orang-orang Serbia Memblokir Jalan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 12 Desember 2022, 06:27 WIB
Ketegangan Memuncak di Kosovo, Orang-orang Serbia Memblokir Jalan
Tentara di Kosovo memeriksa sebuah truk yang menghalangi jalan ke perbatasan dengan Serbia/Net
rmol news logo Ketegangan terus meningkat antara Kosovo dan Serbia ada Minggu (11/12).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sehari Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan dia akan meminta pasukan penjaga perdamaian pimpinan NATO di Kosovo untuk mengizinkan penempatan 1.000 tentara Serbia di Kosovo utara yang berpenduduk Serbia, orang-orang memblokir jalan dengan kendaraan berat dan truk.

Penghalang jalan yang dibangun di hari kedua kerusuhan, yang menurut orang Serbia didirikan untuk memprotes penangkapan mantan perwira polisi Serbia Kosovo baru-baru ini, dilakukan setelah terdengar suara tembakan dan ledakan.

Tidak ada korban luka yang dilaporkan dari kekerasan yang pecah pada malam 10-11 Desember.

Ledakan dan penembakan dilaporkan saat ketegangan meningkat antara etnis Albania dan etnis Serbia setelah enam penghalang jalan dipasang sebagai solidaritas atas penangkapan mantan perwira itu.

Misi penegakan hukum Uni Eropa, yang dikenal sebagai EULEX, melaporkan bahwa sebuah granat kejut dilemparkan ke patroli pengintaian EULEX, tulis Washington Post.

EULEX, yang memiliki sekitar 134 petugas polisi Polandia, Italia, dan Lituania yang dikerahkan di utara, meminta "mereka yang bertanggung jawab untuk menahan diri dari tindakan yang lebih provokatif" dan mendesak lembaga Kosovo "untuk membawa para pelaku ke pengadilan."

Perwakilan Tinggi UE Josep Borrell mengatakan UE tidak akan mentolerir serangan terhadap EULEX atau penggunaan kekerasan, tindakan kriminal di utara.

Dalam cuitannya di Twitter, Borrell menegaskan agar semua pihak menghindari eskalasi.

“Barikade harus segera disingkirkan oleh kelompok Serbia Kosovo. Ketenangan harus dipulihkan, semua aktor harus menghindari eskalasi,” katanya.

Amerika melalui kedutaannya di Pristina dan Beograd mengatakan bahwa Amerika Serikat sangat prihatin dengan situasi ini

"Kami meminta semua orang untuk menahan diri secara maksimal, mengambil tindakan segera untuk mencapai penurunan situasi, dan untuk menahan diri dari tindakan provokatif," kata Kedutaan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA