Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pecahkan Sejarah, Air India Pesan 500 Pesawat dari Airbus dan Boeing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 12 Desember 2022, 12:18 WIB
Pecahkan Sejarah, Air India Pesan 500 Pesawat dari Airbus dan Boeing
Air India/Net
rmol news logo Maskapai plat merah India mencatat sejarah baru dengan memesan 500 unit pesawat senilai puluhan miliar dolar dari Airbus dan Boeing. Ini menunjukkan kebangkitan dari ekonomi India, yang digawangi oleh konglomerat Tata Group.

Pesanan termasuk sebanyak 400 pesawat berbadan sempit, dan kurang lebih 100 unit pesawat berbadan lebar. Itu termasuk lusinan Airbus A350 serta Boeing 787 dan 777.

Dimuat Reuters pada Minggu (11/12), kesepakatan tersebut bisa mencapai 100 miliar dolar AS. Bahkan meski mendapatkan diskon, kesepakatan tersebut bernilai puluhan miliar dolar.

Pesanan ini juga menjadi yang terbesar oleh maskapai udara. Satu dekade lalu, American Airlies memesan sekitar 460 pesawat Airbus dan Boeing.

Pesanan dari Air India muncul di tengah upaya industri dirgantara yang berusaha bangkit setelah terseok-seok terhantam pandemi Covid-19.

Dengan pesanan ini, Airbus bisa mengamankan beberapa slot produksi A350 yang awalnya diperuntukkan bagi Aeroflot Rusia dan sekarang dibiarkan terbuka karena sanksi terkait perang terhadap Moskow.

Hingga berita ini dirilis, Airbus dan Boeing menolak berkomentar. Air India milik Grup Tata tidak menanggapi permintaan komentar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA