Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Serbia Desak Negara-negara UE Tolak Keanggotaan Kosovo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 13 Desember 2022, 06:16 WIB
Serbia Desak Negara-negara UE Tolak Keanggotaan Kosovo
rmol news logo Serbia mendesak negara-negara anggota UE yang tidak mengakui kemerdekaan Kosovo untuk mencegah Pristina mengajukan permohonan keanggotaan Uni Eropa.

Wakil Perdana Menteri Pertama dan Menteri Luar Negeri Serbia Ivica Dacic mengeluarkan peringatan itu pada Senin (12/12) menyusul ketegangan di perbatasan.

Menurutnya, semua negara anggota UE yang tidak mengakui Kosovo perlu untuk menggugat masalah tersebut tanpa syarat.

Sebelumnya, Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan bahwa pada 15 Desember mendatang, Pristina akan secara resmi mengajukan keanggotaan UE, yang artinya itu melanggar Perjanjian Washington.

Vucic mengatakan akan mengirimkan surat pribadi kepada para pemimpin Yunani, Spanyol, Siprus, Rumania, dan Slovakia, negara-negara yang belum mengakui kemerdekaan Kosovo terkait masalah ini dan meminta dukungan mereka untuk mencegahnya.

Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, menekankan dalam hal ini bahwa UE akan menilai aplikasi keanggotaan dari Kosovo ketika dokumen tersebut diterima secara resmi dari Pristina.

Di bawah Perjanjian Washington, Pristina setuju untuk tidak mengajukan keanggotaan dalam organisasi internasional mana pun, sementara Serbia setuju untuk menangguhkan upayanya untuk mendorong negara lain mencabut pengakuan atas Kosovo. Pada awal Agustus 2021, parlemen Kosovo menolak resolusi yang mewajibkannya untuk mematuhi Perjanjian Washington.

Kosovo dan Metohija secara sepihak memproklamasikan kemerdekaannya pada Februari 2008, dan selama beberapa tahun terakhir telah secara aktif mencoba untuk bergabung dengan organisasi internasional, termasuk UNESCO dan Interpol.

Lebih dari 60 negara menolak mengakui Kosovo, termasuk Rusia, India dan China, serta lima negara Uni Eropa. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA