Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tangkis Peretasan Rusia, Estonia Bantu Ukraina Bangun Fasilitas Siber Militer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 13 Desember 2022, 10:25 WIB
Tangkis Peretasan Rusia, Estonia Bantu Ukraina Bangun Fasilitas Siber Militer
rmol news logo Menyusul banyaknya serangan siber yang diluncurkan Rusia kepada Ukraina selama perang, Estonia berinisiatif membantu Kyiv dengan mendirikan fasilitas siber militer.

Proyek itu akan segera dibangun oleh Akademi e-Governance (eGA) Tallinn bekerja sama dengan CybExer Technologies, sebagai bentuk dukungan negara Eropa pada perang Ukraina.

Pejabat eGA, Hannes Astok mengatakan pihaknya telah delapan bulan lebih memberikan pelatihan siber bagi tentara Ukraina.

Saat ini, kata Hannes, proyek terbaru akan semakin meningkatkan pertahanan dunia maya Kyiv ke depannya.

“Ini akan meningkatkan keterampilan digital para profesional militer dan berkontribusi untuk membangun ketahanan dunia maya Ukraina,” ujarnya seperti dimuat The Defense Post pada Senin (12/12).

Sementara itu, pejabat CybExer, Aare Reintam mengatakan angkatan bersenjata Ukraina akan memiliki teknologi dasar untuk mencegah serangan siber secara lebih efektif.

"Saya benar-benar percaya bahwa kami dapat memberikan jangkauan siber terbaik kepada Angkatan Bersenjata Ukraina yang tersedia saat ini,” kata Aare.

Awal tahun ini, operator nuklir Kyiv Energoatom melaporkan telah mengalami peretasan yang belum pernah terjadi sebelumnya di situs web resminya.

Kelompok tentara dunia maya Rusia yang populer diduga menggunakan lebih dari 7 juta bot internet untuk menyerang situs web tersebut selama tiga jam.

Perusahaan induk Facebook, Meta, juga mengungkapkan bahwa beberapa kelompok peretas yang terkait dengan Rusia dan Belarusia membobol akun Facebook pejabat militer Ukraina.

Para peretas menjalankan kampanye terkoordinasi untuk menghapus postingan media sosial yang menentang Presiden Vladimir Putin dan pemerintah Rusia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA