Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pulihkan Hubungan, Maduro Akan Buka Penuh Perbatasan Venezuela-Kolombia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 14 Desember 2022, 08:24 WIB
Pulihkan Hubungan, Maduro Akan Buka Penuh Perbatasan Venezuela-Kolombia
Presiden Kolombia Gustavo Patro dan Presiden Venezuela Nikolas Maduro/Net
rmol news logo Menyusul hubungan diplomatik yang berangsur pulih antara Kolombia dan Venezuela, Presiden Nikolas Maduro berencana membuka kembali perbatasan secara penuh awal tahun depan.

“Saya akan mengumumkan bahwa kami akan sepenuhnya membuka perbatasan, untuk seluruh Venezuela barat dengan Kolombia, untuk lalu lintas kendaraan, sepeda motor, truk mulai 1 Januari," kata Maduro di televisi pemerintah pada Senin (12/121).

Kebijakan ini diambil setelah Presiden baru dari sayap kiri Kolombia, Gustavo Petro resmi mengakui Maduro sebagai Presiden sah Venezuela pada September lalu.

"Kami mempersiapkan segalanya untuk mematuhi apa yang kami umumkan, untuk memenuhi apa yang dijanjikan kepada Presiden Gustavo Petro,” tegasnya seperti dimuat Washington Post.

Hubungan Kolombia dan Venezuela sempat putus pada 2019, karena pendahulu Petro menolak untuk mengakui Maduro.

Namun sejak Petro terpilih, hubungan keduanya menjadi lebih cair, dan pembukaan perbatasan untuk lalu lintas truk berhasil dibuka.

Tetapi pada kendaraan pribadi dan bus, masih ditutup, karena pembukaan perbatasan penuh dari Venezuela belum diberlakukan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA