Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perangi Wabah Kolera di Haiti, WHO Kirimkan 1,17 Juta Dosis Vaksin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 14 Desember 2022, 17:22 WIB
Perangi Wabah Kolera di Haiti, WHO Kirimkan 1,17 Juta Dosis Vaksin
Ilustrasi/Net
rmol news logo Dalam upaya memerangi wabah kolera yang semakin memburuk di tengah krisis ekonomi dan politik yang dihadapi Haiti, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berinisiatif mengirimkan bantuan vaksin.

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa (13/12), WHO mengumumkan gelombang pertama pengiriman vaksin akan dimulai beberapa hari ke depan dan akan menargetkan anak-anak berusia satu tahun di daerah yang paling berisiko.

WHO menjelaskan, anak-anak menjadi sasaran utama karena imunitas mereka rendah dan penyakit kolera bisa menjadi ancaman yang mematikan bagi mereka.

Menurut Kelompok Koordinasi Internasional, saat ini total 1,17 juta dosis vaksin Evichol telah dikirimkan, dan 500 ribu dosis tambahan diharapkan dapat dikirim dalam beberapa minggu ke depan.

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Masyarakat dan Kependudukan Haiti, Lauré Adrien berharap vaksin yang diberikan dapat diterima oleh seluruh warga berisiko.

"Kami berharap pengiriman pertama ini akan diikuti oleh yang lain sehingga vaksin tersedia untuk semua populasi yang berisiko di Haiti," ujarnya seperti dimuat The Jerussalem Post.

Setelah tiga tahun tidak ada laporan kasus terkait kolera, wabah itu kembali muncul sekitar awal Oktober lalu, sejak Haiti dilanda krisis bahan bakar dan kekurangan air akibat bokade geng bersenjata.

Dilaporkan telah ada 280 korban jiwa akibat kolera, dan sebagian besar di antaranya adalah anak-anak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA