Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Panggil Pulang Enam Diplomat di Konsulat Inggris Terkait Kekerasan Terhadap Pengunjuk Rasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 15 Desember 2022, 07:37 WIB
China Panggil Pulang Enam Diplomat di Konsulat Inggris Terkait Kekerasan Terhadap Pengunjuk Rasa
Pengunjuk rasa Hong Kong bentrok dengan orang-orang yang mencoba menyeretnya ke konsulat China di Manchester/Net
rmol news logo China dilaporkan akan memanggil pulang enam pejabatnya di konsulat Inggris atas kasus kekerasan terhadap seorang pria yang mengaku ditendang dan dipukul saat melakukan protes di luar konsulat China di Manchester.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly pada Rabu (14/12) waktu setempat.

Dalam pernyataannya Cleverly menyampaikan bahwa polisi telah meminta agar enam pejabat China tersebut melepaskan kekebalan diplomatik sehingga mereka dapat diinterogasi.

"Kami menetapkan tenggat waktu yang berakhir hari ini, memperjelas bahwa kami mengharapkan mereka untuk mengambil tindakan. Menanggapi permintaan kami, pemerintah China sekarang telah mengeluarkan pejabat tersebut dari Inggris, termasuk Konsul Jenderal sendiri," kata Cleverly, seperti dikutip dari AFP, Kamis (15/12).

"Ini menunjukkan bahwa kepatuhan kami pada aturan hukum, keseriusan yang kami ambil (ini), telah berdampak, benar bahwa pemerintah China sekarang telah mengeluarkan pejabat-pejabat ini dari Inggris," ujarnya.

Polisi Inggris telah menyelidiki dugaan penyerangan terhadap seorang pengunjuk rasa yang dipukuli oleh beberapa pria setelah diseret ke halaman konsulat di Manchester, barat laut Inggris, selama demonstrasi menentang Presiden Xi Jinping.

Cleverly sebelumnya mengatakan insiden itu tidak dapat diterima, dan memanggil seorang diplomat senior China untuk menyampaikan keprihatinan Inggris pada bulan Oktober.

"Gambar-gambar yang dimuat di media sosial menunjukkan perilaku yang tampaknya benar-benar tidak dapat diterima oleh sejumlah orang di dekat pintu masuk gedung konsuler," kata Cleverly, yang memanggil penjabat duta besar terkait insiden tersebut.

Protes Oktober terjadi pada hari pertama kongres Partai Komunis China di Beijing, di mana Xi memenangkan masa jabatan untuk ketiga kalinya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA