Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kissinger: Rusia Dapat Mundur dari Wilayah yang Direbut selama Operasi Militer Khusus, tetapi Tidak dari DPR, LPR dan Krimea

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 17 Desember 2022, 08:44 WIB
Kissinger: Rusia Dapat Mundur dari Wilayah yang Direbut selama Operasi Militer Khusus, tetapi Tidak dari DPR, LPR dan Krimea
Henry Kissinger/Net
rmol news logo Ukraina dan Rusia harus segara melakukan perdamaian. Seruan berulang itu disampaikan Henry Kissinger, mantan menteri luar negeri dan penasihat keamanan nasional AS.

Dalam uraian yang dimuat Spectator pada Jumat (16/12) waktu setempat, pria 99 tahun itu mengatakan, bahwa jalan diplomasi mungkin tampak rumit, bahkan membuat frustrasi.

"Namun, untuk mencapainya membutuhkan visi dan keberanian untuk menjalani perjalanan tersebut," tegasnya.

Pencarian perdamaian memiliki dua komponen yang kadang-kadang dianggap kontradiktif, yaitu mengejar unsur keamanan dan kebutuhan tindakan rekonsiliasi.

Mantan diplomat itu merujuk pada proposal yang ditulisnya pada Mei lalu tentang garis gencatan senjata di sepanjang perbatasan wilayah yang dikuasai Kyiv. Menurutnya, Rusia dapat mundur dari wilayah yang diambil selama operasi militer khusus, tetapi tidak dari DPR, LPR dan Krimea.

"Jika garis pemisah sebelum perang antara Ukraina dan Rusia tidak dapat dicapai melalui pertempuran atau negosiasi, jalan lain untuk prinsip penentuan nasib sendiri dapat dieksplorasi. Referendum yang diawasi secara internasional mengenai penentuan nasib sendiri dapat diterapkan pada wilayah yang sangat memecah belah yang telah berubah tangan berulang kali selama berabad-abad," kata Kissinger.

"Tujuan dari proses perdamaian ada dua: untuk memastikan kebebasan Ukraina dan untuk menentukan struktur internasional baru, terutama untuk Eropa Tengah dan Timur," katanya. Menambahkan bahwa pada akhirnya Rusia harus menemukan tempatnya dalam tatanan itu.

Ia juga memandang bahwa konflik yang terjadi di Ukraina, semestinya tidak melemahkan Rusia. Di mata Kissinger, Rusia telah memberikan kontribusi yang menentukan bagi keseimbangan global dan keseimbangan kekuatan selama lebih dari setengah milenium.

"Peran historisnya tidak boleh direndahkan," katanya . rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA