Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

NATO Tuding Rusia Siapkan Perang Jangka Panjang di Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 17 Desember 2022, 12:38 WIB
NATO Tuding Rusia Siapkan Perang Jangka Panjang di Ukraina
Kepala NATO Jens Stoltenberg/Net
rmol news logo Konflik bersenjata antara Rusia dan Ukraina yang sudah berlangsung 10 bulan diperkirakan masih akan jauh dari berakhir, sebab Moskow disebut-sebut sedang mempersiapkan perang jangka panjang.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengungkapkan hal itu pada Jumat (16/12).

"Rusia sedang bersiap untuk perang yang berkepanjangan di Ukraina dan pendukung NATO Kyiv harus terus mengirimkan senjata sampai Presiden Vladimir Putin menyadari bahwa dia tidak dapat menang di medan perang," kata Stoltenberg kepada AFP.

Kepala NATO memperingatkan bahwa hingga saat ini tidak ada tanda-tanda Putin telah melepaskan tujuannya untuk mengendalikan Ukraina.

“Kita tidak boleh meremehkan Rusia. Rusia sedang merencanakan perang yang panjang,” kata Stoltenberg.

“Kami melihat bahwa mereka mengerahkan lebih banyak kekuatan, bahwa mereka rela menderita juga banyak korban, bahwa mereka berusaha untuk mendapatkan lebih banyak senjata dan amunisi,” tambahnya.

"Kita harus memahami bahwa Presiden Putin siap berada dalam perang ini untuk waktu yang lama dan melancarkan serangan baru," lanjut Stoltenberg.

Namun demikian, kepala NATO tidak menutup kemungkinan bahwa perang antara Rusia dan Ukraina akan berakhir dengan negosiasi.

"Kemungkinan besar perang ini akan berakhir di meja perundingan, seperti kebanyakan perang," kata Stoltenberg, menegaskan setiap solusi harus memastikan Ukraina berlaku sebagai negara yang berdaulat dan merdeka.

"Cara tercepat untuk mencapainya adalah dengan mendukung mereka secara militer sehingga Presiden Putin memahami bahwa dia tidak bisa menang di medan perang tetapi harus duduk dan bernegosiasi dengan itikad baik," katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA