Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vucic Meminta NATO Melindungi Warga Serbia yang Ada di Kosovo dan Metohija

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 21 Desember 2022, 06:55 WIB
Vucic Meminta NATO Melindungi Warga Serbia yang Ada di Kosovo dan Metohija
Presiden Serbia Aleksandar Vucic/Net
rmol news logo Ketegangan di perbatasan Kosovo dan Serbia belum menunjukkan penurunan sejak bentrokan meletus pada awal Desember lalu.

Presiden Serbia Aleksandar Vucic telah meminta Komando Pasukan Gabungan Sekutu di Naples, untuk memberikan perlindungan NATO kepada penduduk Serbia di Kosovo dan Metohija.

"Senang berbicara dengan Laksamana Stuart Munsch, Komandan Komando Pasukan Gabungan. Saya meminta NATO untuk membela orang-orang kami, sekaligus mengucapkan berterima kasih atas pengertian kebijakan netralitas Serbia," kata Vucic di Instagramnya pada Selasa, sesaat setelah melakukan pertemuan dengan Munsch.

Situasi di Kosovo tiba-tiba meningkat pada 6 Desember, ketika pasukan khusus Kosovo, didampingi oleh patroli misi Uni Eropa (EULEX), mulai merebut gedung komisi pemilu di bagian utara wilayah tersebut.

Pada 8 Desember, sekitar 350 polisi Kosovo menyerbu bagian utara wilayah yang berpenduduk Serbia menggunakan kendaraan lapis baja dan memblokir bagian utara Kosovska Mitrovica.

Vucic mengatakan bahwa Kabinet Menteri telah memutuskan untuk mengirim permintaan ke misi NATO di provinsi tersebut untuk mengembalikan militer dan polisi Serbia ke Kosovo dan Metohija sesuai dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB 1244. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA