Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Burkina Faso Bantah Tuduhan Ghana Soal Bayar Tentara Wagner Pakai Aset Tambang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 21 Desember 2022, 23:14 WIB
Burkina Faso Bantah Tuduhan Ghana Soal Bayar Tentara Wagner Pakai Aset Tambang
Presiden Ghana Nana Akufo-Addo/Net
rmol news logo Tuduhan yang dilayangkan Presiden Ghana Nana Akufo-Addo kepada pemerintah Burkina Faso pekan lalu telah memunculkan banyak kontroversi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pasalnya Akufo-Addo meyakini bahwa Burkina Faso telah menyewa kelompok tentara bayaran Wagner Rusia untuk memerangi militan Islam dengan imbalan hak kepemilihan lahan tambang.

"Saya yakin sebuah tambang di Burkina selatan telah dialokasikan kepada mereka sebagai bentuk pembayaran atas jasa mereka," kata Akufo-Addo, saat berbicara kepada wartawan bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Merespon pernyataan Akufo-Addo, pemerintah Burkina Faso dikabarkan telah memanggil duta besar Ghana untuk dimintai keterangan.

Sementara itu Menteri Pertambangan Burkina Faso Simon Pierre Boussim mengatakan dirinya sangat prihatin dan menegaskan jika tuduhan yang dilayangkan Presiden Ghana tidaklah benar.

"Kami belum memberikan izin apa pun kepada perusahaan Rusia di Burkina selatan," ujarnya, seperti dimuat Reuters pada Selasa (20/12).

Simon juga menekankan jika dirinya memiliki data yang lebih rinci mengenai indutri tambang di selatan untuk menepis semua tuduhan tersebut.

"Kami membuat daftar semua izin eksploitasi atau penelitian untuk tambang industri besar di selatan, sehingga mereka dapat melihat dengan jelas bahwa tidak ada situs yang tersembunyi," ungkapnya.

Adapun, kata Simon, izin eksplorasi baru yang diberikan pemerintah kepada perusahaan Rusia Nordgold untuk tambang emas di Yimiougou, karena perusahaan tersebut telah aktif selama lebih dari satu dekade.

Burkina Faso menyewa tentara bayaran asal Rusia untuk memerangi kekeras pemberontak di wilayahnya.

Namun, kehadiran Wagner Group di Afrika nyatanya mengganggu kekuatan Barat seperti Perancis dan Amerika Serikat.

Operasi tentara Wagner di Afrika kerap dikaitkan dengan eksploitasi sumber daya mineral dan pelanggaran hak asasi manusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA