Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kolombia Bingung Beli Jet Rafale Prancis, Gripen Swedia atau F-16 AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 23 Desember 2022, 08:16 WIB
Kolombia Bingung Beli Jet Rafale Prancis, Gripen Swedia atau F-16 AS
Presiden Kolombia, Gustavo Petro/Net
rmol news logo Pesawat tempur lawas milik Kolombia rencananya akan segera diganti dengan produk terbaru yang diimpor dari luar negeri.

Kantor Presiden Kolombia dalam sebuah pernyataan pada Rabu (21/12) mengatakan pihaknya tengah mempertimbangkan pembelian 16 jet tempur Rafale dari perusahaan pesawat Prancis Dassault.

Namun sebelum proses negosiasi dengan Rafale, Kolombia telah lebih dulu melihat dan mempertimbangkan produk lain seperti pesawattt Gripen dari Swedia dan F-16 dari AS.

Hingga kini pihak Presiden belum memutuskan akan menandatangani kontrak pembelian dengan perusahaan manapun, meskipun telah menyiapkan dana hingga 15 miliar peso atau Rp 4,2 triliun.

"Tidak ada kontrak yang ditandatangani, ini adalah negosiasi awal," ungkap pernyataan tersebut seperti dimuat The Defense Post.

Meski begitu, dalam keterangan lainnya, pihak kepresidanan menambahkan jika Rafale masih menjadi pilihan terbaik dari sisi harga, efisiensi, dan pengoperasian.

Sebelum berkuasa pada bulan Agustus, Presiden sayap kiri Gustavo Petro telah menentang pembelian jet tempur baru.

Setelah menjabat, Petro memutuskan untuk tetap membeli pesawat tetapi tidak akan dibiayai oleh reformasi pajak andalannya.

"Pesawat akan dibayar setelah lima tahun, dengan tujuan tidak mengorbankan pengeluaran sosial," ujarnya.

Pesawat terbaru yang akan dibeli nanti akan menggantikan pesawat Kfir Israel yang telah lama dimiliki Kolombia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.