Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belarus: Sistem Rudal Iskander dan S-400 Rusia Siap Dikerahkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 26 Desember 2022, 18:50 WIB
Belarus: Sistem Rudal Iskander dan S-400 Rusia Siap Dikerahkan
Sistem rudal taktis, Iskander/Net
rmol news logo Dua senjata pertahanan militer yang dikirimkan Rusia ke sekutunya Belarus diklaim telah siap digunakan untuk menjaga keamanan Minsk di tengah perang.

Kepala Direktorat Utama Ideologi di Kementerian Pertahanan Belarus, Leonid Kasinsky pada Minggu (25/12), mengumumkan sistem rudal taktis Iskander dan sistem pertahanan udara S-400 telah siap untuk melakukan tugas pengamanan.

“Jenis senjata ini (sistem Iskander dan S-400) sedang dalam tugas tempur hari ini dan mereka sepenuhnya siap untuk melakukan tugas sesuai tujuan yang dimaksudkan," ungkapnya seperti dimuat The Jerussalem Post.

Kasinsky mengklaim tentara Belarus juga telah selesai melakukan pelatihan bersama dengan pasukan Rusia.

"Prajurit kami, kru telah sepenuhnya menyelesaikan pelatihan mereka di pusat pelatihan tempur bersama angkatan bersenjata Federasi Rusia dan Republik Belarus," kata Kasinsky.

Meskipun tidak jelas berapa banyak sistem Iskandar yang dikirimkan Rusia ke Belarus, tetapi pengerahan itu merupakan realisasi dari janji Presiden Vladimir Putin untuk melindungi sistem pertahanan Minsk yang diutarakan sejak Juni lalu.

Sebagai imbalan dari perlindungan keamanan di tengah perang, pasukan Rusia menggunakan Belarus sebagai landasan peluncuran untuk serangan gagal mereka di ibukota Ukraina, Kyiv sejak Februari lalu.

Iskander-M merupakan sistem rudal berpemandu bergerak memiliki jangkauan hingga 500 km dan mampu membawa hulu ledak konvensional atau nuklir.

Sementara sistem S-400 adalah sistem intersepsi rudal darat-ke-udara (SAM) Rusia yang mampu melibatkan pesawat terbang, UAV dan rudal jelajah dan memiliki kemampuan pertahanan rudal balistik terminal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA