Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Longsor Austria: 10 Pemain Ski yang Hilang Ditemukan Hidup, Empat Terluka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 27 Desember 2022, 06:23 WIB
Longsor Austria: 10 Pemain Ski yang Hilang Ditemukan Hidup, Empat Terluka
Tim penyelamat Austria saat melakukan pencarian dua pemain ski yang dinyatakan hilang di Lech Zurz/Net
rmol news logo Pencarian dua pemain ski yang dilaporkan hilang setelah longsoran salju di Austria Barat akhirnya dihentikan ketika aparat memastikan bahwa keduanya telah ditemukan.
Polisi mengatakan pada Senin (26/12), bahwa dua pendaki yang dicari telah diketahui keberadaannya dan dalam keadaan baik,  sehingga genap sepuluh orang yang awalnya diduga terkubur dalam longsoran salju yang menyapu jalur ski di Austria barat pada Minggu (25/12), berada dalam keadaan selamat.

Dugaan awal sebanyak 10 pendaki terkubur di bawah salju di dekat resor ski Lech-Zuers di bagian barat negara itu pada Minggu malam waktu setempat di ketinggian 2.700 meter dari area ski Lech Zurz. Dugaan itu muncul berdasarkan video ponsel dari seorang saksi.

Video menunjukkan  kelompok pendaki menghadapi longsoran salju yang setebal 500 yard yang melaju cepat ke jalan setapak di dekat gunung Trittkopf yang tingginya sekitar  8.900 kaki.

Dari 10 yang hilang, pejabat polisi mengatakan enam ditemukan tanpa cedera, dua lainnya telah diterbangkan ke rumah sakit daerah, dan dua lagi yang belum diketahui keberadaannya.

Pencarian pun segera dilakukan dengan mengerahkan tim penyelamat yang terdiri dari 200 personil. 

Ternyata dua pendaki yang dimaksud itu berhasil menyelamatkan diri dengan meluncur turun gunung ke lembah. Mereka tidak melaporkan keadaan mereka kepada aparat. Padahal, butuh waktu berjam-jam untuk keberadaan mereka.

Empat orang terluka, termasuk seorang pria yang sebagian badannya terkubur yang berhasil diselamatkan dan diterbangkan ke rumah sakit daerah Innsbruck dengan luka serius.  Enam lainnya pun selamat tanpa cedera.

Longsor terjadi pada Minggu di gunung Trittkopf setinggi 2.700 meter (9.000 kaki) antara Zuers dan Lech am Arlberg, sekitar pukul 15.00 waktu. Media lokal melaporkan bahwa beberapa helikopter dan tim pencari dikerahkan segera setelah itu.

Sekitar 200 orang terlibat dalam pencarian. Tim penyelamat sampai membutuhkan lampu depan untuk melanjutkan pencarian setelah gelap.  rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA