Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Telepon PM Modi, Zelensky Minta India Bantu Wujudkan 'Formula Perdamaian'

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 27 Desember 2022, 11:37 WIB
Telepon PM Modi, Zelensky Minta India Bantu Wujudkan 'Formula Perdamaian'
Presiden Ukraina, Volodimir Zelensky/Net
rmol news logo Permohonan bantuan untuk penerapan "Formula Perdamaian" telah diutarakan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada Perdana Menteri India Narendra Modi selama pembicaraan di telepon pada Senin (26/12).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam akun twitter pribadinya, Zelensky mengatakan telah menelepon Modi untuk mengutarakan dukungannya pada kesukseskan Presidensi G20 India.

"Saya melakukan panggilan telepon dengan PM Narendra Modi dan berharap kepresidenan G20 sukses," tulis Zelensky seperti dimuat Channel News Asia.

Bersamaan dengan ucapan itu, Zelensky juga menyampaikan keinginannya agar India bersedia membantu Ukraina mewujudkan "Formula Perdamaian" yang telah dirancang dan diperkenalkan selama KTT G20 bulan lalu.

"Di platform inilah saya mengumumkan formula perdamaian dan sekarang saya mengandalkan partisipasi India dalam implementasinya," sambungnya.

Formula perdamaian yang dimaksud berisi langkah-langkah yang diajukan Ukraina untuk dapat segera mengkahiri perang dengan Rusia yang disebut sebagai negara agresor.  

Hingga kini, Kementerian luar negeri India tidak segera menanggapi ataupun mengkonfirmasi panggilan telepon antara Modi dan Zelensky.

Tetapi sejak awal perang di mulai pada Februari lalu, posisi India telah lama ditegaskan untuk tidak memihak pada blok manapun.

India bahkan secara terang-terangan membeli minyak murah dari Rusia, di tengah sanksi dan pembatasan yang dilakukan oleh sekutu Barat.

Sebagai negara konsumen minyak dan gas terbesar ketiga di dunia, India dinilai harus menjaga kepentingannya sendiri dan menyebut Rusia sebagai "mitra tetap dan teruji waktu" untuk kerjasama itu.

India muncul sebagai pembeli minyak Rusia terbesar kedua setelah China, dan bulan ini telah mengimpor minyak mentah Ural jauh di bawah batas harga 60 dolar AS perbarel yang disetujui oleh negara-negara Barat.

Selain minyak, bulan lalu Moskow dikabarkan mengirim India daftar lebih dari 500 produk untuk pengiriman potensial, termasuk suku cadang untuk mobil, pesawat terbang dan kereta api untuk menjaga agar industri vital tetap berjalan.

India juga telah mengirimkan Rusia daftar produk India untuk akses ke pasar Moskow dan menyeimbangkan perdagangan bilateral.

Meski begitu, dalam panggilan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin awal bulan ini, PM Modi terus mengulangi seruannya untuk mengakhiri konflik di Ukraina melalui dialog dan diplomasi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA