Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Adopsi Euro, Kroasia Tukar Mata Uang Kuna ke Bank Italia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 28 Desember 2022, 16:17 WIB
Adopsi Euro, Kroasia Tukar Mata Uang Kuna ke Bank Italia
Mata uang Kuna dan Euro/Net
rmol news logo Pemerintah Kroasia telah memutuskan untuk mengadopsi mata uang Euro mulai awal tahun depan. Sebagai tindak lanjut, Kroasia mengajukan bantuan pertukaran mata uang nasionalnya, Kuna, ke Bank Nasional Italia secara gratis.

Bank Italia akan memainkan peran kunci untuk mendukung transisi mata uang Kuna ke Euro dari Januari hingga Februari 2023.

Dimuat Xinhua pada Rabu (28/12), pertukaran ini akan dilakukan di kantor pusat Bank of Italy di Ancona, Milan, dan Roma, dan di kantor cabang di Trieste dan Venesia.

Akan ada batas 8.000 Kuna atau sekitar 1.062 Euro per transaksi.

Kuna dan Euro akan diterima sebagai mata uang yang sah hingga 15 Januari. Tetapi setelah tanggal tersebut, hanya Euro yang akan diterima sebagai alat pembayaran yang sah.

Pada Juli lalu, Dewan Uni Eropa menyetujui Kroasia sebagai negara ke-20 yang menggunakan mata uang Euro. Kroasia bergabung dengan Mekanisme Nilai Tukar Eropa (EERM) pada tahun 2020 dan menetapkan nilai Kuna pada 7,5345 per Euro.

Sementara Italia adalah salah satu dari 11 negara anggota Uni Eropa  yang mengadopsi mata uang Euro mulai tahun 1999 dan diterapkan secara penuh pada 1 Januari 2002. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA