Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perdalam Hubungan dengan China, Putin Undang Xi Jinping Kunjungi Moskow pada 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 31 Desember 2022, 08:14 WIB
Perdalam Hubungan dengan China, Putin Undang Xi Jinping Kunjungi Moskow pada 2023
Dokumentasi panggilan video Vladimir Putin dengan Xi Jinping pada 2021/Net
rmol news logo   Rusia akan memperdalam hubungannya dengan China di tengah meningkatnya isolasi internasional atas perang di Ukraina. Untuk itu, Presiden Vladimir Putin mengundang Presiden China Xi Jinping untuk berkunjung ke Moskow pada 2023 mendatang.

Undangan resmi disampaikan Putin lewat panggilan video pada Jumat (30/12).

Dalam sambutan awalnya, Putin mencatat bahwa dia dan Xi memiliki kontak reguler, baik secara langsung maupun melalui telepon.

“Pertukaran bilateral intensif akan berlanjut tahun depan. Saya yakin, Anda dan saya akan menemukan kesempatan untuk bertemu langsung. Kami mengharapkan Anda, sahabatku terkasih, untuk kunjungan kenegaraan di Moskow pada musim semi tahun depan,” kata Putin, seperti dikutip dari RT.

Menyebut Putin sebagai teman, Xi berkomentar bahwa di bawah kepemimpinan bersama mereka kemitraan China-Rusia yang komprehensif dan kerja sama strategis di zaman baru menunjukkan kedewasaan dan ketahanan terhadap tekanan.

Pada kesempatan itu kedua pemimpin menyatakan kepuasan mereka dengan perkembangan pesat hubungan antara kedua negara, dengan menyatakan bahwa hal itu menguntungkan rakyat China dan Rusia serta membantu menciptakan masa depan yang lebih baik bagi dunia.

Putin dan Xi bertemu langsung dua kali pada tahun 2022. Pada bulan Februari, Putin mengunjungi Beijing selama pertandingan Olimpiade yang diselenggarakan oleh ibu kota China. Kemudian pada September, keduanya berpartisipasi dalam pertemuan Organisasi Kerjasama Shanghai di Samarkand, Uzbekistan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA