Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Prihatin Rudal Ukraina Nyasar ke Belarusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 31 Desember 2022, 08:37 WIB
Rusia Prihatin Rudal Ukraina <i>Nyasar</i> ke Belarusia
Penyelidik berjalan di dekat pecahan amunisi yang diperkirakan bagian dari rudal S-300 Ukraina yang dijatuhkan oleh pertahanan udara Belarusia di dekat desa Harbacha di wilayah Grodno/Net
rmol news logo Rudal anti-pesawat S-300 milik Ukraina yang nyasar masuk ke wilayah udara Belarusia, menjadi perhatian Rusia.

Dalam pernyataannya pada Jumat (30/12), Kremlin mengatakan bahwa pihaknya sangat prihatin dengan masuknya rudal yang berhasil ditembak jatuh sekutunya itu.

"Ini adalah insiden yang menyebabkan keprihatinan ekstrem, tidak hanya bagi kami, tetapi juga mitra Belarusia kami," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, seperti dikutip dari AFP.

Kementerian pertahanan Belarus mengatakan pada Kamis bahwa pasukan pertahanan udaranya telah menembak jatuh rudal permukaan-ke-udara S-300 Ukraina di dekat desa Harbacha di wilayah Brest, sekitar 15 kilometer (9 mil) dari perbatasan Belarus-Ukraina.

S-300 adalah sistem pertahanan udara era Soviet yang digunakan oleh Rusia dan Ukraina. Pada November, sebuah S-300 diyakini telah tersesat setelah ditembakkan oleh pertahanan udara Ukraina mendarat di wilayah Polandia yang merupakan anggota NATO.

Peskov pada Jumat kembali menekankan hubungan militer yang erat antara Rusia dan Belarusia dengan mengatakan bahwa mereka terus berdialog dan berkoordinasi terus-menerus.

Minsk, bagaimanapun, bersikeras bahwa ia tidak berpartisipasi dalam konflik di Ukraina, dan tidak akan berpartisipasi kecuali keamanannya sendiri terancam oleh Ukraina atau sekutu Barat Kyiv. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA