Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Awali 2023, Kroasia Gabung Zona Schengen dan Pakai Euro

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 01 Januari 2023, 11:39 WIB
Awali 2023, Kroasia Gabung Zona Schengen dan Pakai Euro
Mata uang kuna dan euro/Net
rmol news logo Tahun 2023 menjadi tonggak sejarah penting bagi Kroasia. Mulai tahun ini, Kroasia bergabung dengan zona perjalanan bebas paspor Schengen dan menggunakan mata uang euro.

Setelah bergabung dengan Uni Eropa sejak satu dekade lalu, Kroasia beralih dari mata uangnya, kuna, ke euro pada hari ini, Minggu (1/1).
Dengan begitu, Kroasia menjadi negara anggota ke-20 untuk blok mata uang bersama. Berselang tujuh tahun, setelah Lithuania bergabung pada 2015.

Dimuat German Press Agency, Kroasia harus memenuhi banyak aturan tata kelola fiskal dan ekonomi untuk mengadopsi mata uang tunggal.

Nilai tukar ditetapkan untuk euro sebesar 7,5345 kuna, dan ada masa transisi hingga 14 Januari. Selama periode tersebut, pembayaran masih dapat dilakukan dalam kedua mata uang tersebut.

Kuna dapat ditukarkan secara gratis di bank-bank di Kroasia hingga akhir tahun 2023.

Di bawah perjanjian Uni Eropa, semua negara anggota kecuali Denmark diharuskan untuk bergabung dengan euro segera setelah persyaratan dipenuhi. Tetapi beberapa anggota seperti Swedia, Polandia, dan Hongaria belum menyatakan keinginan politik untuk melakukannya.

Wilayah Schengen terakhir diperluas pada tahun 2011 untuk memasukkan Liechtenstein. Di dalam zona tersebut, orang umumnya dapat melintasi perbatasan tanpa harus menunjukkan dokumen.

Langkah terbaru Kroasia ini diyakini akan menguntungkan sektor pariwisata. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA