Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Wina, India-Austria Sepakat Perkuat Kerjasama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 02 Januari 2023, 14:47 WIB
Di Wina, India-Austria Sepakat Perkuat Kerjasama
Pertemuan Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar dengan Kanselir Austria Karl Nehammer di Wina pada Minggu (1/1)/Net
rmol news logo India dan Austria meningkatkan kerjasama bilateral sebagai bagian dari upaya New Delhi untuk memperkuat hubungan dengan Uni Eropa.

Upaya untuk memperkuat kerjasama dibahas selama pertemuan Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar bersama Kanselir Austria Karl Nehammer di Wina pada Minggu (1/1).

Melalui akun Twitter-nya, Jaishankar menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan yang baik dari Kanselir Austria, sambil mengirimkan salam dari Perdana Menteri Narendra Modi.

"Terima kasih kepada Rektor Karl Nehammer karena telah menerima saya hari ini. Menyampaikan salam pribadi PM @narendramodi. Menghargai wawasannya tentang kebijakan Uni Eropa dan konflik Ukraina serta membahas Indo-Pasifik dan Asia Barat," tulisnya.

Dimuat The Print, Menlu India mengumumkan hasil pertemuan tersebut  dengan kesepakatan untuk meningkatkan hubungan bilateral negara.

"Kita setuju untuk meningkatkan kerja sama bilateral," ungkap Jaishankar.

Selain itu, ia juga mengungkapkan apresiasinya terhadap dukungan Austria dalam penguatan hubungan India-Uni Eropa.

"Kami menghargai dukungan Austria terhadap peningkatan hubungan India-UE,” kata Menlu India.

Sebelum bertemu dengan Kanselir, Jaishankar terlebih dahulu bertemu dengan Presiden Bulgaria Rumen Georgiev Radev di Wina untuk membahas penguatan kerja sama pada program "Make in India", yang hampir menopang dan membangun rantai pasokan yang tangguh.

Jaishankar juga bertemu Menteri Luar Negeri Austria, Alexander Schallenberg yang merupakan teman lamanya sejak menjadi diplomat India.

“Senang melihat teman baik saya Alexander Schallenberg di Wina.  Keterlibatan diplomatik pertama saya adalah pada tahun 2023," cuitnya.

Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri India, kedatangan Jaishankar ke Austria merupakan kunjungan pertama tingkat menteri dalam 27 tahun terakhir.

Selama di Austria, Jaishankar dilaporkan akan bertemu Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional, Rafael Mariano Grossi.

Ia juga dijadwalkan untuk membahas isu-isu regional dan global dengan Menteri Luar Negeri Ceko, Slovakia, dan Austria dalam format Slavkov.

Terakhir, Menlu akan berinteraksi dengan masyarakat India yang tinggal di Austria.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA