Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Dilantik jadi PM Malaysia, Anwar Ibrahim Bakal Temui Jokowi Pekan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 07 Januari 2023, 22:23 WIB
Usai Dilantik jadi PM Malaysia, Anwar Ibrahim Bakal Temui Jokowi Pekan Depan
PM Malaysia, Anwar Ibrahim/Net
rmol news logo Setelah resmi dilantik sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia pada November tahun lalu, Anwar Ibrahim berencana melakukan kunjungan resmi pertamanya ke Indonesia pada 8 hingga 9 Januari pekan depan.

Dalam kunjunganganya nanti, PM Anwar akan didampingi oleh Menteri Luar Negeri, Zambry Abd Kadir, Menteri Perdagangan dan Industri Internasional, Zafrul Tengku Abdul Aziz, serta pejabat dari Kementerian dan Lembaga terkait.

Sesampainya di Indonesia, PM Anwar dijadwalkan bertemu langsung dengan Presiden RI, Joko Widodo untuk mendiskusikan banyak hal terkait perkembangan hubungan bilateral dan kerjasama mengatasi tantangan regional dan global.

Kedua kepala negara itu rencananya akan menyaksikan penyerahan 11 Letters of Interest (LoI) dari perusahaan Malaysia untuk berpartisipasi dalam pengembangan IKN Nusantara.

Selain itu, Anwar dan Jokowi juga akan menandatangani delapan Nota Kesepahaman (MoU) antara sektor swasta Malaysia dan Indonesia bernilai 1,16 miliar RM atau Rp 4,1 triliun di sela-sela kunjungan.

Perdana Menteri Anwar juga diminta untuk memberikan kuliah umum tentang "Hubungan Strategis Malaysia-Indonesia" dan mengadakan sesi engagement dengan diaspora Malaysia di Jakarta.

Hubungan Indonesia dan Malaysia telah lama terjalin dengan erat dan saling menguntungkan.

Untuk periode Januari-November 2022, Indonesia merupakan mitra dagang terbesar ke-6 Malaysia secara global dan mitra dagang terbesar ke-2 di ASEAN dengan total perdagangan meningkat sebesar 41,7 persen dari tahun sebelumnya senilai 120,26 miliar RM atau setara Rp 426 triliun. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA