Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Salah Beri Grasi, Menteri Kehakiman Chile Mundur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 08 Januari 2023, 10:46 WIB
Presiden Salah Beri Grasi, Menteri Kehakiman Chile Mundur
Presiden Chile Gabriel Boric/Net
rmol news logo Menteri Kehakiman Chile, Marcela Rios, memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya di tengah tuduhan melakukan kesalahan karena membuat presiden memberi grasi atau pengampunan kepada orang-orang yang tidak seharusnya.

Presiden Gabriel Boric pada Sabtu (7/1) mengatakan telah menerima pengunduran diri Rios. Ia juga berterima kasih kepada Rios atas pekerjaannya selama 10 bulan terakhir sebagai Menteri Kehakiman.

"Ketika situasi dengan karakteristik seperti ini terjadi dalam politik, kita harus bertanggung jawab," ujar Boric, seperti dikutip The Guardian.

Boric juga telah menunjuk seorang pengacara, Luis Cordero Vega, untuk menggantikan Rios dalam beberapa hari mendatang.

Boric mendukung pengampunan bagi mereka yang dihukum karena kejahatan yang tidak terlalu kejam selama protes yang mengguncang negara Amerika Selatan itu pada tahun 2019.

Daftar orang-orang yang diampuni termasuk laki-laki berusia antara 21 dan 38 tahun yang terlibat dalam berbagai kejahatan seperti penjarahan, perampokan, penanganan bom molotov, dan lain-lain.

Tapi lawan politik mengecam grasi yang diberikan pemerintahan Boric pada Desember. Lantaran pengampunan juga diberikan kepada mantan pejuang gerilya yang dipenjara karena kejahatan lain.

Oposisi menuduh Ríos memiliki komunikasi dan koordinasi yang buruk. Mereka juga bersiap untuk meresmikan pengaduan tersebut di badan legislatif pada Senin (9/1). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA