Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bentrok Pengunjuk Rasa dan Petugas Keamanan di Peru, 12 Tewas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 10 Januari 2023, 09:26 WIB
Bentrok Pengunjuk Rasa dan Petugas Keamanan di Peru, 12 Tewas
Polisi Peru saat kerusuhan di Juliaca, Peru 8 Januari 2023/Net
rmol news logo Demonstrasi anti-pemerintah terjadi di Juliaca, Peru selatan. Kementerian kesehatan regional mengatakan ada 12 orang tewas dalam bentrokan antara pengunjuk rasa melawan petugas keamanan.

"Sedikitnya 38 orang terluka dan dirawat di rumah sakit di Juliaca," kementerian menambahkan dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di Facebook pada Senin, seperti dikutip dari AFP, Selasa (10/1).

Para pengunjuk rasa kembali menggelar protes untuk menuntut pemilihan dini dan pembebasan mantan Presiden Pedro Castillo yang dipenjara.

Korban yang tercatat Senin membuat jumlah korban tewas dari bentrokan anti-pemerintah dengan pasukan keamanan menjadi 34 orang sejak protes dimulai pada awal Desember, menyusul pencopotan dan penangkapan Castillo tak lama setelah dia mencoba membubarkan Kongres secara ilegal.

Castillo menjalani 18 bulan penahanan pra-sidang atas tuduhan pemberontakan yang dibantahnya.

Protes anti-pemerintah berlanjut minggu lalu setelah jeda liburan. Selain pemilihan awal dan pembebasan Castillo, para pengunjuk rasa menyerukan pengunduran diri Presiden baru Dina Boluarte, penutupan Kongres dan perubahan konstitusi.

Berbicara pada pertemuan kesepakatan nasional bersama perwakilan dari wilayah negara dan berbagai lembaga politik pada Senin, Boluarte mengatakan dia tidak dapat mengabulkan beberapa tuntutan utama pengunjuk rasa.

"Satu-satunya hal yang ada di tangan saya adalah memajukan pemilihan, yang telah kami usulkan," kata Boluarte.

"Apa yang Anda minta adalah dalih untuk terus menimbulkan kekacauan di kota-kota," ujarnya menyerukan warga untuk merenung. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA