Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bikin Khawatir, Putin Kirim Lebih Banyak Senjata Militer ke Belarus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 10 Januari 2023, 10:34 WIB
Bikin Khawatir, Putin Kirim Lebih Banyak Senjata Militer ke Belarus
Tentara Rusia dan Belarusia/Net
rmol news logo Laporan pengiriman senjata militer terbaru dari Rusia ke Belarusia menambah kekhawatiran akan invasi baru yang mungkin dilancarkan.  

Kementerian Pertahanan Belarusia mengklaim jumlah pengiriman kali ini jauh lebih banyak daripada sebelumnya dan akan digunakan untuk mendukung Pasukan Gabungan Regional (RGV) serta memperkuat keamanan Negara Kesatuan (Rusia dan Belarusia).

Dimuat The Defense Post pada Senin (9/1), Rusia telah mengirim beberapa kendaraan militer yang terpantau, di antaranya truk KamAZ dan Ural, traktor artileri BAZ-6306, dan lima kapal tanker bahan bakar.

Pengiriman tersebut juga termasuk dua senjata antipesawat ZU-23-2 dan tong air.

Pengumuman Belarus disampaikan setelah beberapa laporan menyebut Moskow sedang bersiap untuk melakukan serangan baru di Ukraina utara melalui negara tetangga Belarusia.

Banyak yang menganggap apa yang dikirimkan Rusia ke Belarus bukan untuk sekedar upaya pertahanan atau latihan militer belaka, melainkan bagian dari persiapan untuk serangan baru.

Sejalan dengan itu, sebuah studi dari Institute for the Study of War bulan lalu menyebut upaya berkelanjutan Moskow untuk membangun pasukan di Belarusia menandakan persiapan untuk meluncurkan serangan baru terhadap Ukraina.

Jika bukan invasi baru, tindakan Rusia yang melibatkan Belarusia juga bisa menjadi “taktik pengalihan” untuk menarik pasukan Ukraina menjauh dari wilayah-wilayah utama.

Hingga saat ini, lebih dari 9 ribu tentara Rusia dan ratusan kendaraan lapis baja dilaporkan telah dikerahkan di perbatasan Belarusia-Ukraina. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA