Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kena Kasus Korupsi, Kekebalan Hukum Keluarga Mantan Presiden Kazakhstan Dicabut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 13 Januari 2023, 18:09 WIB
Kena Kasus Korupsi, Kekebalan Hukum Keluarga Mantan Presiden Kazakhstan Dicabut
Mantan Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev/Net
rmol news logo Kekebalan hukum yang dimiliki oleh keluarga mantan Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev resmi dicabut oleh Parlemen usai diduga terlibat dalam kasus korupsi negara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Keputusan Parlemen Kazakhstan yang diambil pada Jumat (13/1), diklaim sebagai langkah awal yang akan memungkinkan negara dapat membekukan aset anggota keluarga Nazarbayev jika mereka dicurigai melakukan kejahatan.

Keponakan Nazarbayev, Kairat Satybaldy, telah ditahan dan didakwa menggelapkan dana negara atau perusahaan yang dikendalikan negara.

Kerabat terdekat mantan presiden menikmati kekebalan hukum berkat UU yang juga memberi Nazarbayev gelar Yelbasy atau pemimpin nasional.

Nazarbayev sendiri tidak tinggal diam dan akan mempertahankan kekebalan hukum yang telah lama diatur oleh konstitusi sejak ia berkuasa antara 1989-2019.

Setelah mengundurkan diri dan digantikan oleh Kassym-Jomart Tokayev, kebijakan pemimpin baru menjadi bumerang bagi dirinya dan keluarganya.

Tokayev mendorong pemecatan sejumlah kerabat dan afiliasi Nazarbayev dari posisi senior di sektor publik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA