Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ceko Gelar Pemilihan Presiden, Satu Kandidat Khawatir Ada Serangan Siber

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 14 Januari 2023, 13:11 WIB
Ceko Gelar Pemilihan Presiden, Satu Kandidat Khawatir Ada Serangan Siber
Delapan kandidat calon Presiden Republik Ceko/Net
rmol news logo Ceko memulai pemilihan presiden pada Jumat (13/1) dalam putaran pertama yang akan berlangsung sampai dengan Sabtu (14/1). Namun, satu kandidat percaya bahwa pemungutan suara telah dipengaruhi oleh serangan siber.

Seperti dimuat Miami Herald, salah satu kandidat presiden, yang merupakan mantan Jenderal NATO dan Angkatan Darat, Petr Pavel mengeluhkan situs kampanyenya yang sulit diakses, yang diduga dilakukan oleh peretas Rusia.

"Peretas Rusia tampaknya tidak ingin pemilih mengakses situs web saya pada hari penting ini," keluh pria berusia 61 tahun dalam akun Twitternya.

Pavel menduga bahwa Rusia tidak ingin ia, sebagai mantan jenderal NATO, menjadi pemimpin di negara anggota Uni Eropa itu.

Persaingan suara yang ketat sejauh ini dikabarkan tengah berlangsung antara seorang miliarder dan mantan Perdana Menteri Andrej Babis, mantan Jenderal Petr Pavel, dan profesor ekonomi Danuse Nerudova.

Pemungutan suara  dibuka pada Jumat pukul 2 siang waktu setempat, dan ditutup pada Sabtu untuk 8,3 juta pemilih yang memenuhi syarat pemilihan.

Jika di akhir penghitungan suara tidak ada satu pun dari delapan kandidat yang mendapatkan suara mayoritas mutlak, maka putaran kedua akan dilakukan dalam dua minggu kedepan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA