Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tuntut Kenaikan Gaji, Ribuan Guru di Portugal Turun ke Jalan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 15 Januari 2023, 13:56 WIB
Tuntut Kenaikan Gaji, Ribuan Guru di Portugal Turun ke Jalan
Aksi protes ribuan guru di Lisbon, Portugal pada Sabtu, 14 Januari 2023/Net
rmol news logo Jalan-jalan di ibukota Portugal, Lisbon dipenuhi dengan ribuan guru dan staf pendidikan yang tengah menggelar protes untuk menuntut kenaikan gaji serta penempatan kerja yang lebih baik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Aksi demonstrasi pada Sabtu (14/1) itu diinisiasi oleh Persatuan Seluruh Profesional Pendidikan (STOP). Mereka juga mendesak agar Menteri Pendidikan Joao Costa mundur dari jabatannya.

Dimuat Reuters, gaji guru terendah di Portugal sekitar 1.100 euro atau Rp 18 juta per bulan, sementara tertinggi mencapai kurang dari 2.000 euro atau Rp 32,7 juta per bulan.

Demonstran mengatakan gaji saat ini terlalu rendah mengingat krisis biaya hidup yang semakin tinggi.

"Guru pantas mendapatkan gaji yang adil karena kami telah bekerja sepanjang hidup kami," ujar seorang guru sejarah berusia 62 tahun, Maria Duarte.

Demonstran lainnya, seorang guru matematika bernama Aitor Matos mengatakan demonstrasi harus dilihat baik-baik oleh pemerintah dan penyelesaian yang nyata harus segera dilakukan.

"Kami ingin tindakan serius diambil," tegas Matos, sembari mengeluhkan profesi guru kerap ditempatkan di sekolah-sekolah yang jauh dari rumah.

Sejak awal Desember tahun lalu, guru-guru di Portugal telah melakukan aksi mogok kerja yang menyebabkan banyak siswa tidak dapat mengikuti pelajaran.

Pekan lalu, menteri pendidikan mengatakan pihaknya mungkin akan memaksa beberapa guru untuk kembali bekerja dengan menetapkan layanan minimum. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA