Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ucapkan Selamat Merayakan Thai Pongal, Trudeau Ajak Orang-orang Ikut Merangkul Warisan Masyarakat Tamil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 16 Januari 2023, 10:47 WIB
Ucapkan Selamat Merayakan Thai Pongal, Trudeau Ajak Orang-orang Ikut Merangkul Warisan Masyarakat Tamil
Perdana Menteri Justin Trudeau dan isteri/Net
rmol news logo   Kanada ikut berbahagia atas perayaan Thai Pongal atau Festival Pongal, yaitu hari panen Hindu yang biasanya dirayakan oleh orang-orang Tamil di selutuh dunia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ini adalah perayaan empat hari yang biasanya berlangsung setiap januari, saat ketika orang miskin, orang kaya, penduduk desa dan penduduk kota dalam masyarakat Tamil mengucapkan terima kasih kepada para dewa, menyembah matahari, bumi, ternak dan karunia mereka dengan pengabdian.

Menyadari ada banyak komunitas Tamil di seluruh dunia, khususnya di India dan Sri Langka, Perdana Menteri Justin Trudeau men-tweet video dirinya berbicara dalam bahasa Tamil untuk mengucapkan selamat festival Pongal. Masyarakat Tamil kuga banyak ditemui di Kanada

“Minggu ini, komunitas Tamil di Kanada dan di seluruh dunia akan merayakan Thai Pongal, festival panen. Selama festival empat hari tahunan ini, keluarga dan orang-orang terkasih berkumpul untuk berterima kasih kepada alam atas musim panen yang melimpah," ujar Trudeau dalam videonya yang diunggah di akun Twitter,

Ia berbagi cerita bahwa dalam beberapa tahun ia melihat keseruan festifal ini di mana keluarga berkumpul dan berbagi hidangan tradisional yang dibuat gurih atau manis dengan nasi yang direbus dalam susu.

"Januari juga menandai Bulan Warisan Tamil di Kanada, kesempatan bagi kami untuk merayakan budaya dan warisan Tamil, dan kontribusi berkelanjutan warga Tamil Kanada untuk membangun Kanada yang lebih baik, lebih kuat, dan lebih inklusif," lanjutnya.

Trudeau melihat bahwa komunitas Tamil memiliki akar yang kuat di negaranya, termasuk juga dalam tatanan sosial dan ekonomi, yang menjadikan Kanada memiliki keragaman sehingga begitu kaya dan bersemangat.

"Mari kita bangun negara di mana lebih banyak orang Kanada dapat merayakan tradisi mereka, merangkul warisan mereka, dan menjalankan keyakinan dan agama mereka dengan bangga," ujar Treadeau, yang kemudian menutup pidatonya dengan ucapan selamat.

"Atas nama keluarga kami, Sophie dan saya mengucapkan selamat merayakan Bulan Warisan Thai Pongal dan Tamil. Iniya Thai Pongal Valthukkal," katanya.

Pada 2016, Parlemen Kanada menetapkan Januari sebagai bulan Warisan Tamil, sebagai pengakuan atas kontribusi warga Tamil-Kanada.

Thai Pongal bagi masyarakat Tamil juga adalah hari libur nasional. Sekolah serta sebagian besar bisnis tutup. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA