Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arab Saudi Yakin Mampu Menjembatani Kesenjangan Hubungan China-AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 17 Januari 2023, 07:36 WIB
Arab Saudi Yakin Mampu Menjembatani Kesenjangan Hubungan China-AS
Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman menyambut Presiden China Xi Jinping di Riyadh, Arab Saudi pada 8 Desember 2022/Net
rmol news logo Melebarnya kesenjangan antara China dan Amerika Serikat menjadi perhatian Pemerintah Arab Saudi.

Hubungan China-AS telah bergolak sejak zaman mantan Presiden AS Donald Trump, yang kemudian diperparah dengan wabah Covid-19, dan dalam menghadapi apa yang dikatakan Washington sebagai praktik ekonomi yang tidak adil oleh Tiongkok.

Pelanggaran hak asasi manusia dan ancaman China untuk menginvasi Taiwan juga menyebabkan ketegangan yang tajam dengan AS.

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan Hadley Gamble dari CNBC di sela-sela Forum Ekonomi Dunia di Davos, Menteri Keuangan Arab Saudi Mohammed al-Jadaan mengatakan ia berharap dapat meredakan ketegangan dua raksasa ekonomi dunia tersebut.

“Kami memiliki hubungan yang sangat strategis dengan AS, dan kami memiliki hubungan strategis dengan China. Dan kami pikir kami dapat menjembatani kesenjangan tersebut,” kata al-Jadaan, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Selasa (17/1).

Pejabat Saudi itu juga ditanya tentang kekhawatiran terbesarnya saat memasuki tahun baru 2023.

“Saya benar-benar berpikir bahwa kita perlu fokus pada kolaborasi, kerja sama, menghindari lebih banyak ketegangan geopolitik, dan menyerukan solusi politik yang tenang untuk ketegangan geopolitik,” katanya.

Arab Saudi telah menengahi antara Rusia dan Ukraina sejak pecahnya invasi Moskow Februari lalu. Banyak pertukaran tahanan antara Kyiv dan Moskow, yang mencakup warga negara Amerika dan Eropa, telah difasilitasi oleh Arab Saudi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA