Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin: Gaji Pekerja Naik, Ekonomi Rusia Jauh Lebih Baik dari yang Diperkirakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 18 Januari 2023, 07:34 WIB
Putin: Gaji Pekerja Naik, Ekonomi Rusia Jauh Lebih Baik dari yang Diperkirakan
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Perang yang berkecamuk hampir satu tahun dengan Ukraina nampaknya tidak terlalu mempengaruhi pendapatan Moskow, setidaknya begitu menurut Presiden Rusia Vladimir Putin.

Berbicara lewat video pada pembukaan pertemuan pemerintah tentang masalah ekonomi pada Selasa (17/1), Putin mengatakan produk domestik bruto (PDB) Rusia turun hanya 2,1 persen dalam 11 bulan pertama tahun lalu, yang menurutnya jauh lebih baik dari yang diproyeksikan.

Menurut Putin, penurunan untuk setahun penuh diperkirakan menjadi 2,5 persen, sedangkan dinamika aktual tahun lalu positif.

Dia melanjutkan dengan mengatakan inflasi di Rusia pada 2022 adalah 11,9 persen, yang juga lebih rendah dari perkiraan, termasuk bank sentral negara itu.

Pada pertemuan Selasa, Putin juga menyerukan adanya peningkatan gaji warga Rusia pada 2023, mencatat bahwa kenaikan harga secara langsung memengaruhi pendapatan konsumen.

“Ini pada dasarnya penting baik untuk pendapatan riil warga negara maupun untuk perekonomian secara keseluruhan,” ujarnya, seperti dikutip dari RT.

Menurut Putin, pada kuartal pertama tahun ini inflasi akan turun menjadi 5 persen, dan pada kuartal kedua akan kurang dari 4 persen.

Berbicara tentang produsen gas Rusia, pemimpin Rusia mencatat bahwa mereka mengalami tahun yang baik di 2022.

“Pada saat yang sama, saya mencatat bahwa harga gas dunia telah meningkat secara signifikan karena tindakan negara-negara Barat, dan sebagai hasilnya, produsen dan eksportir gas Rusia telah memperoleh keuntungan yang baik selama dua tahun terakhir dan secara signifikan meningkatkan pembayaran ke negara tersebut. sistem anggaran,” kata Putin.

Dia juga mencatat bahwa produksi gas alam di Rusia pada tahun 2022 mengalami penurunan sebesar 11,8 persen. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA