Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Selenggarakan Pertemuan Pertama Kelompok Kerja Kesehatan G20

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 18 Januari 2023, 11:56 WIB
India Selenggarakan Pertemuan Pertama Kelompok Kerja Kesehatan G20
rmol news logo Setelah memegang presidensi G20, India akan menjadi tuan rumah dalam ajang pertemuan Kelompok Kerja Kesehatan (HWG) pertamanya yang akan dihadiri oleh perwakilan negara anggota G20, negara undangan khusus serta organisasi internasional terkait.

Menurut siaran pers dari Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga, pertemuan tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari, yang dimulai pada Rabu (18/1) hingga Jumat (20/1) di Thiruvananthapuram, Telangana, dan Gandhinagar.

Dalam pertemuan itu juga akan ditampilkan budaya dari India yang kaya dan beragam, sesuai arahan dari Perdana Menteri Narendra Modi.
Dimuat Ani News pada Senin (16/1), Jalur Kesehatan G20 di bawah kepresidenan India ini akan terdiri dari empat pertemuan HWG, dan satu Pertemuan Menteri Kesehatan (HMM).

"Presidensi G20 India akan fokus pada tiga prioritas utama: Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat Kesehatan (One Health dan AMR); Akses dan Ketersediaan untuk Penanggulangan Medis yang Terjangkau (Vaksin, Terapi, dan Diagnostik); dan Kesehatan Digital. #G20India,” tulis Kementerian Kesehatan dalam cuitan di Twitter mengenai acara tersebut.

Selain itu India juga akan mengadakan acara sampingan bersama dengan setiap pertemuan HWG sebagai upaya untuk memperkaya, melengkapi dan mendukung diskusi G20, yang akan mencakup acara di Medical Value Travel dan Digital Health;  lokakarya penelitian kolaboratif tentang obat-obatan, diagnostik dan vaksin;  serta acara co-branded di Pusat Global untuk Pengobatan Tradisional.  

Setelah mengambil alih presidensi G20, India bertekad untuk terus melanjutkan dan mengkonsolidasikan prioritas kesehatan dan hal-hal penting yang diambil dari kepresidenan sebelumnya, sambil menyoroti bidang-bidang kritis yang dianggap memerlukan penguatan.

“India juga bertujuan untuk mencapai konvergensi dalam diskusi di berbagai forum multilateral yang terlibat dalam kerja sama kesehatan dan bekerja menuju tindakan terpadu,” tambah siaran pers tersebut.

Untuk mencapai misi Kepresidenan G20 India telah memutuskan tiga prioritas.  

Pertama yaitu pencegahan, kesiapsiagaan, dan tanggap darurat First Health (dengan fokus pada One Health & AMR).

Kedua, penguatan kerja sama di bidang farmasi dengan penekanan pada akses dan ketersediaan untuk penanggulangan medis yang aman, efektif, berkualitas dan terjangkau (vaksin, terapi dan diagnostik) dan terakhir inovasi dan solusi kesehatan digital untuk membantu cakupan kesehatan universal dan meningkatkan penyampaian layanan kesehatan.

Dalam empat pertemuan HWG, rencananya akan ada diskusi tematik terkait dengan prioritas di atas yang akan dibahas secara bersama. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA