Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perdana, Timor Leste akan Hadiri Pertemuan Menlu ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 19 Januari 2023, 17:05 WIB
Perdana, Timor Leste akan Hadiri Pertemuan Menlu ASEAN
Direktur Jenderal Kerja sama ASEAN, Sidharto Suryodipuro dan jurubicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah dalam press briefing pada Kamis, 19 Januari 2023/RMOL
rmol news logo Timor Leste akan mengirim menteri luar negerinya untuk menghadiri pertemuan para menlu ASEAN yang akan digelar di Jakarta pada 3-4 Februari mendatang.

Ini adalah pertemuan para menlu pertama yang digelar ASEAN di bawah Keketuaan Indonesia, sekaligus yang pertama untuk partisipasi Timor Leste.

Direktur Jenderal Kerja sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Suryodipuro mengatakan Menlu Timor Leste akan bergabung pada pertemuan hari pertama ASEAN Coordinating Council.

Pertemuan itu akan membahas segala hal mengenai keanggotaan baru Timor Leste di Sekretariat ASEAN.

“Akan disepakati juga tentang modalitas partisipasi Timor Leste. Seperti kita tahu, Timor Leste sudah diterima sebagai negara anggota ASEAN, yang perlu diputuskan adalah bagaimana bentuk partisipasinya sehingga (Timor Leste) bisa mencapai partisipasi penuh,” ujar Sidhart dalam press briefing di kantor Kemlu, Jakarta Pusat, Kamis (19/1).

Namun Sidharto menyebut, KTT ASEAN yang direncanakan akan digelar pada awal Mei mendatang hanya akan dihadiri 10 negara anggota.

Tidak hanya membahas mengenai Timor Leste, namun ASEAN juga akan kembali membahas tentang isu dari anggotanya, yaitu Myanmar, yang sampai sejauh ini masih mengalami konflik politik dan kemanusiaan yang meluas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA