Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uni Eropa Labeli IRGC Organisasi Teroris, Iran Siap Ambil Tindakan Balasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 19 Januari 2023, 17:20 WIB
Uni Eropa Labeli IRGC Organisasi Teroris, Iran Siap Ambil Tindakan Balasan
Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian/Net
rmol news logo Langkah Uni Eropa (UE) untuk memasukkan Pasukan Pengawal Revolusi Iran (IRGC) sebagai organisasi teroris memperoleh kecaman dari Teheran.

Menurut laporan kantor berita IRNA pada Kamis (19/1), kecaman itu diutarakan oleh Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian kepada Perwakilan Tinggi UE untuk Urusan Luar Negeri, Josep Borrell.

"Kami telah berulang kali mengatakan Pengawal Revolusi adalah organisasi formal dan berdaulat yang perannya sangat penting untuk menjamin keamanan Iran," tegasnya seperti dimuat Reuters.

Oleh sebab itu, kata Amirabdollahiran, jika UE meneruskan langkahnya meresmikan IRGC sebagai organisasi teror, maka Iran akan mengambil tindakan balasan.

"Langkah yang diambil oleh Parlemen Eropa untuk mendaftarkan organisasi tersebut sebagai teroris merupakan tembakan di kaki Eropa sendiri," ujarnya.

Pada Rabu (18/1), Parlemen Eropa meminta UE untuk memasukkan IRGC sebagai organisasi teroris karena terlibat penindasan terhadap aksi pengunjuk rasa di Iran.

Sejak September tahun lalu, Iran menghadapi gelombang protes besar-besaran setelah kematian wanita Kurdi Iran Mahsa Amini yang dipenjara karena melanggar aturan hijab. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA