Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Protes Pemerintah Pakistan, Warga Gilgit-Baltistan Minta Gabung ke India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 19 Januari 2023, 18:56 WIB
Protes Pemerintah Pakistan, Warga Gilgit-Baltistan Minta Gabung ke India
Protes warga di Gilgit-Baltistan, Pakistan pada Kamis, 19 Januari 2023/Net
rmol news logo Keinginan warga Gilgit-Baltistan untuk memisahkan diri dari Pakistan dan bergabung dengan India dibuktikan lewat serangkaian aksi unjuk rasa yang berujung kerusuhan.

Sejumlah demonstran dilaporkan melakukan aksi protes terhadap pemerintah. Mereka meneriakkan slogan-slogan menentang pemerintah dan militer Pakistan.

Mereka juga menuntut agar wilayah Gilgit-Baltistan dapat dianeksasi ke Kargil, yang jatuh di wilayah Ladakh, India.

Menurut laporan Islam Khabar pada Kamis (19/1), protes tersebut kerap terjadi di Gilgit- Baltistan. Tetapi pemerintah Pakistan cenderung mengabaikannya.

Padahal jika dibiarkan, tuntutan semacam itu akan semakin menyebar ke wilayah lain dan Pakistan tidak menyadari itu. Pada akhirnya hal itu dapat merugikan narasi Pakistan tentang seluruh sengketanya di Kashmir.

Pakistan menginginkan kemerdekaan Jammu dan Kashmir, yang berada di bawah kendali India dengan menyalahkan India atas pelanggaran HAM di wilayah itu.

India menyerang balik Pakistan dengan menyoroti bagaimana wilayah Kashmir yang dikuasai Islamabad itu hidup dalam penindasan militer, kurangnya hak dasar, inflasi tinggi, pengangguran, dan eksploitasi sumber daya yang tidak berkelanjutan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA