Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Klarifikasi Kritikan Lula, Pemerintah Brasil Pastikan Tak Ada Perubahan pada Bank Sentral

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 20 Januari 2023, 22:12 WIB
Klarifikasi Kritikan Lula, Pemerintah Brasil Pastikan Tak Ada Perubahan pada Bank Sentral
Presiden Brasil, Lula da Silva/Net
rmol news logo Usai kritikan Presiden Lula da Silva terhadap Bank Sentral berdampak pada guncangan pasar, Menteri Hubungan Kelembagaan Brazil Alexandre Padilha mencoba menenangkan dengan memberikan klarifikasi.  

Dalam twitter pribadinya, Padilha menegaskan bahwa saat ini pemerintah Brasil sama sekali tidak akan melakukan perubahan apapun terkait Bank Sentral, seperti yang diisukan.

"Tidak ada kecenderungan dari pihak pemerintah untuk melakukan perubahan apapun dalam hubungannya dengan Bank Bentral," cuitnya, seperti dimuat Reuters, Jumat (20/1).

Pada Rabu (18/1), Lula mengkritik independensi Bank Sentral Brasil yang ditetapkan berdasarkan undang-undang pada tahun 2021, adalah "omong kosong".

Berbicara dalam sebuah siaran televisi GloboNews, dengan lantang Lula menyebut target inflasi yang diterbitkan Dewan Moneter Nasional, yang terdiri dari gubernur bank sentral, menteri keuangan, dan menteri perencanaan telah menghambat pertumbuhan ekonomi Brasil.

Tindakan Bank Sentral yang menaikkan suku bunga 12 kali berturut-turut untuk melawan inflasi, dikritik habis-habisan oleh Lula selama menghadiri acara di Istana Kepresidenan pada Kamis (19/1).

"Apa penjelasan kita memiliki suku bunga 13,5 persen hari ini? Bank sentral independen, kita bahkan tidak memiliki suku bunga, bukankah begitu?" tegasnya.

Gubernur Bank Sentral, Roberto Campos Neto menanggapi kritikan tersebut dengan menyoroti risiko inflasi yang timbul dari ledakan belanja Lula.

Pengeluaran berlebih Lula untuk memenuhi janji kampanyenya telah  memengaruhi ekspektasi inflasi pemerintah Brasil tahun ini.

Ditunjuk oleh mantan Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro, masa jabatan Campos Neto berlangsung hingga Desember 2024.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA