Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sepanjang 2022, Ekspor China ke Korea Utara Meningkat Tiga Kali Lipat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 21 Januari 2023, 09:20 WIB
Sepanjang 2022, Ekspor China ke Korea Utara Meningkat Tiga Kali Lipat
Sebuah kereta barang melintasi Jembatan Persahabatan Sino-Korea yang menghubungkan Tiongkok dengan Korea Utara pada 25 Februari 2022/Nikkei Asia
rmol news logo Ekspor keseluruhan China ke Korea Utara dilaporkan telah meningkat lebih dari tiga kali lipat pada 2022, setelah operasi kereta barang antar kedua negara itu dibuka kembali usai penangguhan pembatasan Covid-19.

Menurut data perdagangan yang dirilis oleh Administrasi Umum Bea Cukai China,  kegiatan ekspor Tiongkok ke Korea Utara melonjak sebesar 247,5 persen, dengan total 894 juta dolar AS atau sekitar (Rp 13 triliun) tahun-ke-tahun.

Dimuat Al-Arabiya pada Jumat (20/1), barang ekspor dengan permintaan tertinggi dari Korut yang tercatat di antaranya adalah minyak kedelai, gula pasir, tembakau, obat-obatan, dan barang-barang medis.

“Pada Desember (2022), Korut masih membeli 2,27 juta masker, 12 ribu termometer, dan 40 ribu pasang sarung tangan karet medis dari China,” tulis catatan yang dirilis oleh Beijing.

Sepanjang 2022, Korut hanya menerima pengiriman pasokan dan produk asing dari China, yang membuat perdagangan bilateral kedua negara itu mencapai Rp 15 triliun, telah naik sebesar 226 persen dari tahun sebelumnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA