Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menhan Brasil Bantah Militer Terlibat Langsung dalam Kerusuhan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 21 Januari 2023, 11:10 WIB
Menhan Brasil Bantah Militer Terlibat Langsung dalam Kerusuhan
Menteri Pertahanan Brasil Jose Mucio, selama konferensi pers pada Jumat, 20 Januari 2023/Net
rmol news logo Tuduhan atas keterlibatan militer Brasil dalam penyerbuan gedung pemerintah, dibantah langsung oleh Menteri Pertahanan Jose Mucio pada Jumat (20/1).

Dalam pertemuan resmi dengan Presiden Lula da Silva dan para Komandan Angkatan Bersenjata, Mucio mencoba untuk tidak banyak menyinggung terkait kerusuhan yang terjadi pada 8 Januari lalu.

Ia mengklaim pertemuan itu banyak berfokus pada rencana pengadaan militer dan investasi di industri pertahanan Brasil, karena ikut dihadiri oleh para pemimpin perusahaan.

Seusai pertemuan, Mucio menegaskan pihak militer tidak terlibat langsung, tetapi jika terbukti ada, maka akan diproses sesuai ketentuan yang berlaku.

"Saya paham tidak ada keterlibatan langsung TNI, tapi kalau ada yang terlibat secara pribadi (dalam kerusuhan) itu akan diusut," ujar Mucio, seperti dimuat Reuters.

Mucio mencoba untuk meyakinkan bahwa penyerbuan sebelumnya tidak akan terjadi lagi, sebab pihaknya akan siap terhadap segala potensi ancaman.

"Penyerbuan gedung pemerintah tidak akan terjadi lagi. Karena militer akan mengantisipasinya," tegasnya.

Pekan lalu, Presiden Lula menuduh pihak militer telah berkolusi dengan pendukung mantan Presiden Jair Bolsonaro untuk menyerang gedung-gedung pemerintah.

Militer dinilai gagal menjaga keamanan negara, bahkan diduga dengan sengaja tidak memberikan informasi intelijen kepada pemerintah tentang kemungkinan protes yang akan segera terjadi.

Pekan ini Lula mengambil sikap dengan kembali mencopot belasan perwira militer, dan menyerahkan keamanannya pada Kepolisian federal. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA