Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Partai Buruh Pilih Chris Hipkins Jadi PM Selandia Baru Gantikan Jacinda Ardern

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 22 Januari 2023, 10:58 WIB
Partai Buruh Pilih Chris Hipkins Jadi PM Selandia Baru Gantikan Jacinda Ardern
Chris Hipkins terpilih gantikan Jacinda Ardern sebagai Perdana Menteri Selandia Baru/Net
rmol news logo Selandia Baru akan memiliki pemimpin baru setelah Jacinda Ardern mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri. Ia adalah Chris Hipkins, satu-satunya nominasi dari Partai Buruh yang berkuasa.

Dalam pertemuan pada Minggu (22/1), 64 anggota parlemen Partai Buruh mengonfirmasi pemilihan Hipkins untuk menggantikan Ardern yang mundur secara tiba-tiba pada Kamis (19/1).

Pria 44 tahun itu yang dikenal sebagai "Chippy" itu pertama kali menjadi anggota parlemen dari Partai Buruh pada 2008. Ia kemudian ditunjuk sebagai menteri kesehatan pada Juli 2020, dan menteri tanggap Covid-19 pada akhir tahun.

Partai Buruh diperkirakan akan menggelar konferensi pers untuk mengumumkan pemilihan Hipkins. Namun sebelum itu terjadi, banyak pihak telah memberikan ucapan selamat padanya.

Di samping itu, Partai Buruh juga sudah memilih Carmel Sepuloni sebagai wakil perdana menteri. Sepuloni merupakan orang Eropa keturunan Samoa, Tonga dan Selandia Baru dan tinggal di Auckland.

Sementara Grant Robertson, yang saat ini menjabat Wakil Perdana Menteri, diperkirakan akan memegang jabatan Menteri Keuangan.

Sebelum Hipkins resmi menjadi perdana menteri, Ardern harus mengajukan pengunduran dirinya kepada perwakilan Raja Charles III di Selandia Baru, Gubernur Jenderal Cindy Kiro. Setelah itu Kiro akan menunjuk Hipkins untuk peran tersebut dan dia akan disumpah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA