Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sambut Tahun Kelinci, Para Pemimpin Dunia Kirim Ucapan Imlek

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 22 Januari 2023, 11:55 WIB
Sambut Tahun Kelinci, Para Pemimpin Dunia Kirim Ucapan Imlek
Ilustrasi/Net
Memperingati Tahun Baru Imlek, sejumlah pemimpin dunia memberikan ucapan selamat, khususnya pada orang Tionghoa. Mereka menyambut dimulainya Tahun Kelinci yang berlangsung dari 22 Januari 2023 hingga 9 Februari 2024.

Pada Minggu (22/1), Perdana Menteri Kamboja Samdech Techo Hun Sen menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek untuk orang Tionghoa dan warga Kamboja keturunan Tionghoa.

"Pada kesempatan Tahun Baru Imlek, Tahun Kelinci, saya ingin mengucapkan selamat dan ikut bersenang-senang dengan semua orang Tionghoa dan Kamboja keturunan Tionghoa, yang selalu hidup dan bersatu melalui suka dan duka sejak dahulu kala," ujar Hun Sen, seperti dikutip CGTN.

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha juga mengirimkan ucapan Tahun Baru Imlek ketika menghadiri festival di Provinsi Ratchaburi.

Hal serupa juga disampaikan oleh Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim yang berharap Tahun Baru Imlek dapat menjadi pesan persatuan bagi komunitas Tionghoa di negeri jiran.

Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa menyampaikan salam Tahun Baru Imlek kepada rakyat China, berharap mereka sehat, sejahtera, dan sukses di Tahun Kelinci.

"Atas nama pemerintah dan rakyat Zimbabwe, dan atas nama saya sendiri, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang hangat atas datangnya Tahun Baru Imlek yang menandai dimulainya Tahun Kelinci yang melambangkan umur panjang, kedamaian dan kemakmuran," ujarnya dalam pesan video.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya agar Tahun Baru Imlek dapat menjadi harapan baru.

"Masa berganti, tahun berlalu, dan tantangan boleh berubah, tetap satu yang harus selalu hadir, yaitu harapan bahwa esok akan lebih bahagia, sejahtera, dan semakin maju," ucap Jokowi.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA