Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Erdogan Majukan Tanggal Pemilu Turki Sebulan Lebih Awal, Menjadi 14 Mei

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 23 Januari 2023, 11:29 WIB
Erdogan Majukan Tanggal Pemilu Turki Sebulan Lebih Awal, Menjadi 14 Mei
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Turki secara resmi akan memajukan tanggal pemilu di negaranya, menjadi sebulan lebih awal dari yang direncanakan, yaitu pada 14 Mei 2023 mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal ini telah diumumkan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melalui rekaman video yang dibagikan pada Minggu (22/1).

"Saya akan menggunakan otoritas saya (untuk) memajukan tanggal pemilihan menjadi 14 Mei," kata Erdogan, yang dimuat Malaymail pada Senin (23/1).

Pada awalnya, pemilu parlemen dan presiden Turki akan digelar pada 18 Juni, namun Erdogan telah menggunakan wewenangnya agar pemilu bisa digelar sebulan lebih awal.

Jajaran pemerintah Turki, dan Aliansi Oposisi, yang saat ini masuh mencari kandidat telah menyetujui penyesuaian tanggal pemilu, untuk menghindari gangguan jadwal ujian sekolah dari anak-anak muda.

Kampanye pemilihan akan dimulai pada 10 Maret, yang disebut akan memberi pihak oposisi Turki lebih sedikit waktu untuk bersiap-siap.

Pihak oposisi sejauh ini telah berupaya selama berbulan-bulan untuk menyepakati satu kandidat yang bisa menantang Erdogan dalam ajang pemungutan suara.

Menurut sumber partai oposisi kepada AFP mengatakan bahwa calon bersama mereka akan segera diumumkan pada Februari.

Pemilu kali ini dianggap menjadi pemilihan yang paling menantang bagi Erdogan, yang telah berkuasa selama dua dekade terakhir. Inflasi tinggi Turki dan melemahnya mata uang kemungkinan akan dijadikan serangan oleh pihak oposisi untuk mengalahkan Erdogan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA