Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tuntut Pembebasan Warga Belgia di Iran, Ribuan Orang Banjiri Brussel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 23 Januari 2023, 13:44 WIB
Tuntut Pembebasan Warga Belgia di Iran, Ribuan Orang Banjiri Brussel
Ribuan warga Belgia gelar protes di Brussel pada Minggu, 22 Januari 2023/Net
rmol news logo Penahanan seorang pekerja kemanusiaan asal Belgia, Olivier Vandecasteele, di Iran telah memantik kemarahan warga Brussel. Ribuan warga Belgia turun ke jalan-jalan Brussel pada Minggu (22/1) untuk menuntut pembebasan Vandecasteele.

Pada bulan lalu, pengadilan Iran telah menjatuhkan hukuman minimal 28 tahun penjara pada Vandecasteele atas tuduhan mata-mata, yang diragukan kebenarannya.

Awalnya, aksi demonstrasi dilakukan oleh keluarga, teman, dan kolega Vandecasteele, yang kemudian meluas. Mereka membawa poster bertuliskan "Bebaskan Olivier Vandecasteele" dan "Hidupnya dalam bahaya, berkontribusilah untuk kebebasannya".

Pemerintah Belgia juga tengah berusaha untuk membebaskan Vandecasteele dari tuduhan kejahatan yang dibuat oleh Iran.

Menurut Brussel, pemerintah Iran ingin membalas hukuman penjara 20 tahun yang dijatuhkan pengadilan Belgia pada seorang diplomat Iran pada tahun 2021.

Teheran dilaporkan kerap menangkap warga negara Belgia di Iran sebagai bagian dari taktik untuk menukar tahanan penting Teheran di Brussel.

Apalagi bulan depan, rencananya Mahkamah Konstitusi Belgia akan akan mengadakan sidang pertukaran tahanan dengan Iran, yang memungkinkan diplomat Iran bisa bebas dari hukuman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA