Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jerman Izinkan Polandia Kirim Tank Leopard ke Jerman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 23 Januari 2023, 17:03 WIB
Jerman Izinkan Polandia Kirim Tank Leopard ke Jerman
Tank Leopard buatan Jerman/Net
rmol news logo Jerman tampaknya akan memberikan lampu hijau kepada Polandia untuk mengirimkan tank Leopard ke Ukraina, setelah beberapa waktu lalu keberatan dengan rencana Warsawa tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan pihaknya tidak akan menghalangi upaya Polandia atau negara Eropa lainnya yang ingin mengirimkan tank Leopard buatan Jerman ke Ukraina.

"Jika kami ditanya pertanyaan itu, maka kami tidak akan menghalangi," ujarnya dalam wawancara setelah pertemuan puncak Prancis dan Jerman di Paris pada Minggu (22/1).

Meski begitu, kata Baerbock, Jerman juga tengah berusaha untuk mendiskusikan masalah tersebut dengan mitra pertahanannya.

“Kami tahu betapa pentingnya tank-tank ini dan inilah mengapa kami mendiskusikannya sekarang dengan mitra kami. Kami perlu memastikan nyawa orang terselamatkan dan wilayah Ukraina dibebaskan," jelasnya.

Pernyataan Baerbock menjadi sinyal baik untuk Ukraina. Pasalnya beberapa negara Eropa yang telah membeli Leopard belum bisa mengirimkan senjata itu karena harus disertai dengan izin yang jelas dari Jerman.

Polandia sendiri mengaku siap mengirimkan 14 Leopard ke Ukraina setelah Jerman secara resmi mengizinkan langkah tersebut.

Selain itu, tiga negara baltik yakni Latvia, Estonia dan Lituania juga mendesak Jerman untuk mengirimkan tank Leopard ke Ukraina secepatnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA