Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

AS Godok Rencana Vaksinasi Covid-19 Tahunan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 24 Januari 2023, 15:29 WIB
AS Godok Rencana Vaksinasi Covid-19 Tahunan
Ilustrasi/Net
Amerika Serikat (AS) berencana merekomendasikan vaksinasi Covid-19 secara berkala tiap tahun untuk mencegah munculnya mutasi baru dari virus.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) pada Senin (23/1) mengusulkan agar setiap orang dewasa dan anak-anak di Amerika disuntik satu dosis vaksin Covid-19 setiap tahunnya, seperti halnya vaksin flu.

Usulan tersebut muncul lantaran masyarakat Amerika sulit untuk mendapatkan booster. Saat ini, lebih dari 80 persen populasi AS telah divaksin setidaknya satu dosis, namun hanya 16 persen yang memenuhi syarat untuk menerima booster.

FDA sendiri akan mengundang panel ahli untuk bertemu pada Kamis (26/1) dan membahas usulan tersebut.

"Banyak orang Amerika sekarang memiliki kekebalan terhadap virus corona karena vaksinasi, infeksi, atau kombinasi keduanya. Garis dasar perlindungan itu harusnya cukup untuk beralih ke booster tahunan dan menjadi vaksinasi Covid-19 lebih seperti suntikan flu tahunan," kata FDA, seperti dikutip Associated Press.

Untuk orang dewasa dengan sistem kekebalan yang lemah dan anak yang sangat kecil, kombinasi dua dosis mungkin diperlukan untuk perlindungan.

Ilmuwan FDA dan perusahaan vaksin akan mempelajari vaksinasi, tingkat infeksi, dan data lain untuk memutuskan siapa yang harus menerima satu atau dua dosis suntikan.

Di bawah proposal FDA, agensi, pakar independen, dan produsen akan memutuskan setiap tahun strain mana yang akan ditargetkan untuk produksi vaksin. Itu adalah pendekatan yang sama yang lama digunakan untuk memilih strain untuk suntikan flu tahunan.

ARTIKEL LAINNYA