Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Arab Saudi Tunjuk 34 Perempuan untuk Posisi Tinggi di Dua Masjid Suci

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 24 Januari 2023, 16:41 WIB
Arab Saudi Tunjuk 34 Perempuan untuk Posisi Tinggi di Dua Masjid Suci
Seorang anggota keamanan perempuan berjaga saat ibadah haji pada 20 Juli 2021/Net
Dalam upaya memberdayakan perempuan, Arab Saudi menunjuk 34 wanita untuk mengisi posisi kepemimpinan di dua masjid suci di Mekah dan Madinah.

Hal ini diumumkan dalam sebuah pernyataan langsung dari Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid di Arab Saudi, seperti dimuat Middle East Monitor pada Senin (23/1).

Selain memberdayakan perempuan, penunjukan itu juga disebutkan untuk mengembangkan layanan bagi para pengunjung di dua masjid sucinya, yang sering didatangi oleh umat Muslim di seluruh dunia itu.

"Langkah itu bagian dari perubahan kualitatif yang dicari oleh Kerajaan untuk wanita Saudi yang memenuhi syarat untuk melayani pengunjung wanita," tambah pernyataan itu.

Penunjukan ini menjadi gebrakan baru bagi Arab Saudi untuk memberdayakan perempuan. Pada 2021, Arab Saudi hanya merekrut dua wanita sebagai asisten kepala pemimpin umum masjid.

Baru-baru ini, Arab Saudi juga telah menunjuk 32 wanita sebagai pengemudi dalam Program Pemimpin Kereta Ekspres Haramain.

Setelah mengizinkan perempuan untuk mengemudi, Arab Saudi juga telah menyetujui aturan lain yang lebih membebaskan perempuan, salah satunya mengizinkan perempuan bergabung dengan militer.

ARTIKEL LAINNYA