Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Urusan dalam Negeri Dicampuri, Maroko Kaji Ulang Hubungan dengan Eropa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 24 Januari 2023, 17:09 WIB
Urusan dalam Negeri Dicampuri, Maroko Kaji Ulang Hubungan dengan Eropa
Parlemen Maroko/Net
rmol news logo Maroko tengah mempertimbangkan kembali hubungan dengan Eropa setelah dibuat geram dengan resolusi Parlemen Eropa yang dinilai telah mencampuri urusan dalam negerinya.

Pengkajian ulang hubungan dengan Eropa diputuskan selama pertemuan dua kamar Parlemen Maroko pada Senin (23/1). Hasil pertemuan menyatakan Rabat akan mengevaluasi secara keseluruhan hubungan tersebut untuk mengambil keputusan yang tepat.

Pertemuan tersebut juga mengutuk resolusi Parlemen Eropa pada 19 Januari 2023 yang menyebut Maroko tidak menghormati kebebasan pers.

Dalam resolusi tersebut, Parlemen Eropa mengatakan Rabat telah memenjarakan jurnalis secara tidak adil karena alasan bermotivasi politik, khususnya dalam kasus Omar Radi, yang mengkritik hakim Maroko karena memenjarakan pengunjuk rasa.

"Parlemen Maroko mencatat dengan keheranan dan kebencian yang mendalam atas resolusi ini yang secara serius telah merusak kepercayaan antara kedua lembaga legislatif dan merusak kemitraan strategis selama puluhan tahun," begitu hasil pertemuan tersebut.

Parlemen Maroko juga menganggap resolusi Parlemen Eropa sebagai pelanggaran yang tidak dapat diterima terhadap kedaulatan dan independensi peradilan Maroko. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA